Sambil Diinfus, Razzaq Tetap Nekat Ikuti UTBK di Unesa

Merupakan peserta asal Gresik.

Surabaya, IDN Times - Ada pemandangan berbeda jelang tes UTBK sesi siang di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kampus Lidah Wetan, pada Minggu (5/5/2024). Salah satu peserta tes tampak hadir dengan selang dan botol infus di tangannya juga ditemani seorang perawat. Peserta tersebut diketahui bernama Muhammad Aimanur Razzaq.

Razzaq, panggilan akrabnya, merupakan peserta asal Gresik yang menunjukkan kegigihannya dengan tetap menjalani tes kendati terjangkit demam berdarah dengue (DBD) sejak Rabu lalu. 

“Saat latihan soal itu saya merasa badan mulai panas, dan terpaksa menghentikan latihan karena badan rasanya sudah mulai tidak stabil. Saya dibawa ke rumah sakit, setelah cek di lab, ternyata kena DBD dan harus dirawat intensif di RS Semen Gresik,” kata Razzaq.

1. Sempat bimbang, namun langsung ditepis dengan tekad membanggakan orang tua

Sambil Diinfus, Razzaq Tetap Nekat Ikuti UTBK di UnesaPeserta UTBK di Unesa dari Gresik yang datang dengan diinfus dan ditemani perawat. (www.unesa.ac.id)

Awalnya Razzaq bingung apakah harus datang untuk tes UTBK atau fokus penyembuhan. Kebimbangannya kemudian ditepis dengan tekad membanggakan orang tua sehingga bisa diterima di salah satu kampus pilihannya yakni ITS Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan UB (Universitas Brawijaya). Padahal, jelang UTBK suhu tubuh Razzaq masih tinggi.

“Dari awal saya sudah mempersiapkan UTBK ini dengan mengikuti bimbel. Awalnya mau fokus penyembuhan, karena waktu UTBK sudah mepet jadi saya paksakan untuk tetap belajar,” terangnya.

Meski begitu, semangat Razzaq terus terpacu. Ia menyebut telah mendapat banyak dukungan dari orang tua, guru, dan teman. Razzaq juga berharap tesnya mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: 9 Difabel Ikuti UTBK di Unesa: Ingin Diterima Agar Punya Daya Saing

2. Awalnya tidak mendapat persetujuan dokter

Sambil Diinfus, Razzaq Tetap Nekat Ikuti UTBK di UnesaPeserta UTBK di Unesa dari Gresik yang datang dengan diinfus dan ditemani perawat. (www.unesa.ac.id)

Perawat yang mendampingi, Muhammad Fathurrahman menyampaikan kondisi Razzaq masih belum stabil dan masih harus infus. Dokter sebenarnya tidak menyarankan untuk beraktivitas yang berat, termasuk melakukan perjalanan dari Gresik ke Surabaya. Tapi karena Razzaq bersikukuh, akhirnya dokter mengizinkannya untuk berangkat dengan pendampingan.

“Saya ditugaskan untuk mendampingi karena takutnya ada apa-apa dengan pasien. Jujur, saya salut perjuangan dia yang meski sakit, tetapi tetap harus mau berjuang untuk tes masuk perguruan tinggi,” ucap Fathurrahman.

Dari penuturan Fathurrahman, pasiennya itu sering belajar di rumah sakit sembari melawan penyakitnya. Dia menjelaskan bahwa Razzaq memerlukan cairan infus untuk memenuhi kebutuhan elektrolit pada pasien akibat peningkatan metabolisme tubuh.

3. Unesa siapkan tenaga medis melalui FK

Sambil Diinfus, Razzaq Tetap Nekat Ikuti UTBK di UnesaPeserta UTBK di Unesa dari Gresik yang datang dengan diinfus dan ditemani perawat. (www.unesa.ac.id)

Rektor Unesa, Nurhasan, mengapresiasi perjuangan peserta untuk mengikuti UTBK, ada yang datang dari daerah terjauh hingga yang hadir dengan kondisi kesehatan kurang memungkinkan seperti Razzaq dari Gresik.

Ia juga menyampaikan bahwa Unesa melalui Fakultas Kedokteran (FK) menyediakan tim medis khusus untuk tes UTBK. Tim tersebut disiapkan untuk memberikan penanganan medis kepada peserta yang membutuhkan.

“Selain tim medis, kita juga ada relawan khusus dari SMCC yang selalu standby di setiap lokasi tes. Tim kami ini ada yang dosen dan ada mahasiswa. Ketika misalnya ada yang pingsan, atau kurang sehat ada tim kami yang siap menangani,” ucap Cak Hasan.

Baca Juga: UB Ngaku Sempat Dilobi untuk Undurkan Jadwal UTBK

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya