Ribuan Jamaah Salat Idul Fitri Padati Masjid Ar Ridlo Jombang

Jamaah salat berasal dari dalam dan luar Kota Jombang

Jombang, IDN Times - Umat Muslim di Indonesia secara serentak melakukan salat Idul Fitri pada Rabu (10/4/2024) pagi, termasuk seperti yang terlihat pada Masjid Jami Ar Ridlo, Jalan Sayyid Sulaiman, Kauman, Kec. Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Pantauan IDN Times, para jamaah mulai terlihat memadati lokasi sejak pukul 05.20 WIB. Masjid yang lokasinya bersebelahan dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Alun-Alun  Mojoagung ini kerap menjadi jujugan warga dalam kota maupun luar kota. Sebab masjid juga tak jauh dari jalur mudik yang menghubungkan Kota Surabaya-Jombang.

Hal ini dikonfirmasi Mundzir Ahmad selaku Ketua Takmir Masjid Jami Ar Ridlo, yang menuturkan setiap tahunnya salat Idul Fitri diikuti oleh ribuan jamaah. Mereka tidak hanya berasal dari Jombang saja.

"Banyak mbak, yang dari luar mudik ke sini itu juga, bisa sampai 3000 lebih jamaah yang salat di sini," ujarnya.

Penjagaan ketat juga dilakukan oleh pihak Masjid Jami Ar Ridlo dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait.

"Untuk keamanan kami siapkan dari pihak internal seperti remaja masjid dan pihak eksternal dari kepolisian setempat," terangnya pada IDN Times.

Mundzir juga menambahkan untuk khotib salat Idul Fitri biasanya berganti-ganti setiap tahunnya. Khusus tahun ini, khotib berasal dari Mojokerto.

"Untuk khotib dari Mojokerto mbak pengurus pondok pesantren Al-Amin," katanya. 

Selain itu, menanggapi soal kesamaan Hari Raya Idul Fitri 2024 pada Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Mundzir berkata bahwa masyarakat sudah di tahap toleran akan hal tersebut.

"Memang tahun-tahun sebelumnya berbeda, ya. Tahun ini sama dan saya rasa masyarakat sudah maklum dan toleran, lah. Entah kalau ada perbedaan atau kesamaan," terangnya.

Sebelumnya, 1 Syawal di Indonesia resmi jatuh pada Rabu (10/4/2024) setelah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur (Jatim) berhasil melihat hilal di empat titik pengamatan yakni Sidoarjo, Lamongan, Tuban, termasuk juga di Jombang.

Baca Juga: Hilal 1 Syawal Tampak di Sidoarjo, Lamongan, Jombang dan Tuban

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya