Paskah, Gereja Hati Kudus Yesus Surabaya Usung Tema Universal

Mereka berharap situasi politik di Indonesia terus damai

Surabaya, IDN Times - Perayaan Paskah menjadi momen sakral yang dinanti-nanti oleh banyak umat Katolik. Tak terkecuali oleh umat Katolik di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa No.15, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya.

Dalam konferensi pers yang diadakan hari ini, Kamis (28/3/2024), Romo Tommy selaku Pastor Kepala Paroki mengatakan bahwa Paskah 2024 ini mengusung tema 'Bersama-sama Mengikuti Yesus dalam Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik'. Romo Tommy mengatakan bahwa tema mengandung makna universalitas.  

"Satu, artinya di mana-mana gereja sama, liturgi sama, pemimpinnya juga sama. Kudus maksudnya didirikan oleh Sang Kudus. Katolik artinya universal, keselamatan bagi semua orang. Apostolik yakni kesungguhan untuk meneladani para Rasul," jelasnya.

Rangkaian ibadah menyambut Paskah 2024 sendiri dirincikan Romo Tommy yakni mulai dari puasa 40 hari, Minggu Palma, sampai Pekan Suci yang terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, hingga Minggu Paskah.

Kamis Putih yang dilaksanakan pada Kamis (29/3/2024), dimulai pukul 18.00 WIB. Mereka melakukan ibadah pembasuhan kaki dan telah disiapkan 5000 kursi bagi para jemaat.

"Kami siapkan 5000 karena tahun sebelumnya 4000 itu belum cukup dari Kamis Putih sampai utamanya malam Paskah itu," terang Romo Tommy kepada awak media.
Sementara itu, dari segi pengamanan pihak Gereja Katedral Hati Kudus Yesus selalu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian hingga TNI.

"Tentu ada pengamanan juga dari dalam yakni teman-teman panitia. Jumlah anggota keamanan ada 85 orang."

Di akhir, Tommy juga menambahkan harapannya di momen Paskah ini terutama bagi situasi geopolitik di Indonesia. 

"Kami mendoakan untuk gereja, para umat Katolik secara universal, serta masyarakat Indonesia dan keadaan geopolitik yang sedang kemelut ini, sedang diperjuangkan di pengadilan agar selalu damai, berjalan lancar, dan siapapun yang terpilih sesuai kehendak Tuhan."

Baca Juga: 14 Lagu Pujian untuk Misa Paskah, Liriknya Penuh Makna

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya