Jadi Lokasi Tes SNBT 2024, Unesa Siapkan 1.098 Komputer

Unesa juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak eksternal.

Surabaya, IDN Times - Pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tinggal menghitung hari. Tes ini akan dilaksanakan pada 30 April dan 02-07 Mei 2024 untuk gelombang pertama dan 14-20 Mei 2024 untuk gelombang kedua. Lokasi tes berada di sejumlah perguruan tinggi salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Tahun ini, sebanyak 23.719 peserta akan menjalani tes SNBT di Unesa. Angka tersebut meningkat dari 2023 yang hanya sebesar 23.252 peserta. Menanggapi data itu, Sukarmin, selaku Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa menuturkan Unesa memang menjadi salah satu tempat tes favorit peserta SNBT. 

“Peserta terbanyak dari Jawa Timur. Ada yang dari Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera, Riau, Sulawesi, Aceh hingga Papua yang akan tes di Unesa. Jumlahnya luar biasa, kami kelola tes ini dengan baik agar peserta bisa tes dengan nyaman dan lancar," ucapnya.

1. Siapkan total 1.098 unit komputer

Jadi Lokasi Tes SNBT 2024, Unesa Siapkan 1.098 KomputerPersiapan unit komputer di Unesa guna menyambut SNBT 2024. (Dok. Humas Unesa)

Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, menyampaikan bahwa berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan SNBT. 

"Sudah dilakukan pengecekan dan uji coba sejak Kamis dan Jumat pekan lalu untuk memastikan semuanya aman. Begitupun dengan komputer telah kami siapkan sebanyak 990 unit komputer utama plus 108 unit komputer cadangan," jelasnya.

Selain persiapan secara internal, Unesa juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Seperti Polsek Lakarsantri untuk mengamankan lalu lintas, PLN untuk memastikan kelancaran pasokan listrik, dan juga penyedia layanan internet.

"Kami sudah meminta penyedia layanan untuk membuat jaringan internet lebih dari dua jalur sebagai backup ketika jalur utama ada kendala," bebernya.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Unesa Umumkan Buka 3 Prodi Baru, Apa Saja?

2. Lokasi tes SNBT 2024 di Unesa

Jadi Lokasi Tes SNBT 2024, Unesa Siapkan 1.098 KomputerUnesa Lidah Wetan. (www.unesa.ac.id)

Direktur Humas dan Informasi Publik, Vinda Maya Setianingrum, menambahkan tes SNBT di Unesa dilaksanakan di dua kampus, yakni di Kampus 1 Ketintang dengan kuota 505 peserta dan di Kampus 2 Lidah Wetan dengan 425 peserta.

Vinda menghimbau seluruh peserta untuk melakukan cek lokasi tes dan merencanakan perjalanan dengan estimasi yang tepat. Pengecekan ini penting dilakukan, baik bagi peserta asli Surabaya maupun luar daerah untuk mencegah terjadinya kasus keterlambatan karena salah lokasi atau salah kampus.

"Harusnya tempat tesnya di Kampus 2, tetapi datangnya malah di Kampus 1. Padahal, jarak antara kampus 1 dan kampus 2 itu lumayan jauh. Makanya cek dulu lokasi tes untuk menghindari risiko keterlambatan," tukasnya.

3. Peserta perlu mempersiapkan dengan matang

Jadi Lokasi Tes SNBT 2024, Unesa Siapkan 1.098 KomputerKasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Sukarmin; Kasubdit Infrastruktur, Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana; bersama Direktur Humas Unesa, Vinda Maya. (Dok. Humas Unesa)

Vinda menyarankan peserta datang satu jam lebih awal dari jadwal masuk tes. Peserta juga diharuskan membawa kartu peserta SNBT serta dokumen fotocopy ijazah terlegalisir untuk lulusan 2022 dan 2023, atau surat keterangan lulus sekolah bagi lulusan 2024.

Surat keterangan ini harus ada foto yang sama dengan foto kartu peserta SNBT dan cap atau stempel resmi sekolah. "Jangan lupa siapkan diri, latihan jawab soal rutin, siapkan dokumen yang dibutuhkan, dan berdoa. Semoga hasilnya maksimal," pesannya. 

Baca Juga: 44.240 Peserta UTBK dan SNBT akan  Ujian di UB

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya