Yenny Wahid Ajak Masyarakat Bersatu Meski Beda Pilihan Pemimpin

Masyarakat juga diajak berpolitik santun

Lamongan, IDN Times- Putri Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh Wahid, alias Yenny Wahid, meminta warga Indonesia agar tidak terkotak-kotak hanya karena beda pilihan pemimpin pada pemilihan presiden.

Menurut dia, hajatan Pilpres yang hanya lima tahunan saja, jangan sampai membuat masyarakat terbelah. Masyarakat harus tetap rukun dan paling penting adalah menjaga persatuan Bangsa Indonesia.

"Ya tentunya kita minta masyarakat tetap menjaga kerukunan jangan sampai terkotak-kotak," katanya.

Baca Juga: Harlah Nahdlatul Ulama, Khofifah-Yenny Wahid Temui Anies Baswedan

1. Jangan sampai usai Pilpres ini masyarakat satu sama lain berkonflik

Yenny Wahid Ajak Masyarakat Bersatu Meski Beda Pilihan PemimpinIDN Times/Imron

Selain itu, putri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini juga berharap agar usai Pilpres tidak terjadi konflik. Semua diminta untuk tetap rukun seperti sediakala.

Hal ini karena, siapa pun yang menjadi presiden nanti, sudah menjadi garis ketentuan Allah SWT. Jadi tidak selayaknya sesama anak bangsa berpecah belah hanya karena beda pilihan.

"Siapa pun yang jadi, dia sudah digariskan oleh Allah SWT," jelasnya.

2. Siapapun presidennya dia akan menghadapi permasalahan besar

Yenny Wahid Ajak Masyarakat Bersatu Meski Beda Pilihan PemimpinIDN Times/Imron

Menurut Yenny, siapa pun yang bakal menjadi presiden akan diwarisi permasalahan yang besar. Sehingga mempunyai tugas besar membawa negara ini menjadi negara yang maju sesuai dengan harapan para pejuang bangsa Indonesia terdahulu.

"Siapa pun yang bakal menjadi presiden, dia akan mewarisi permasalahan besar yang harus diselesaikan. Jadi jangan sampai Pilpres 5 tahunan ini Bangsa Indonesia terbelah," katanya lagi.

3. Jangan sampai menyebarkan hoaks

Yenny Wahid Ajak Masyarakat Bersatu Meski Beda Pilihan PemimpinIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kasus hoaks yang kerap tersaji jelang pemilu, kata Yenny, juga perlu disikapi secara seksama. Jangan sampai hoaks atau berita bohong terus berkembang dan terjadi di Indonesia.

Alasannya, hoaks bisa dipastikan akan mengakibatkan perpecahan antar sesama. Karena setiap berita hoaks ini disebar, pasti akan mengakibatkan luka di tengah ketentraman sebuah bangsa.

"Jangan sampai hoaks ini selalu berkembang, karena ini risikonya akan mecah belah bangsa," tandasnya.

4. Masyarakat diajak berpolitik santun

Yenny Wahid Ajak Masyarakat Bersatu Meski Beda Pilihan PemimpinIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk itu, dia berharap kepada masyarakat Indonesia agar tetap memperlakukan politik santun sesuai akhlakul karimah. Saling mengharumkan satu sama lain dan bukan cara politik yang menjatuhkan.

"Mari kita ciptakan politik yang santun sesuai dengan akhlakul karimah. Jangan sampai menjatuhkan mereka yang beda pilihan pemimpin bangsa Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Yenny Wahid Minta Warga NU Doakan Debat Cawapres Berjalan Lancar

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya