Waspadai Titik Macet di Lamongan saat Mudik Lebaran 2023

Masyarakat juga diminta mewaspadai jalan rawan kecelakaan

Lamongan, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas selama mudik lebaran 2023. Salah satu titik kemacetan berada di Jalan Nasional Babat-Surabaya atau tepatnya di palang pintu rel kereta api baik depan terminal Lamomgan maupun palang pintu sisi barat pintu masuk Kodim.

1. Titik kemacetan juga berada di Jalur Pantura Dandles

Waspadai Titik Macet di Lamongan saat Mudik Lebaran 2023Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan Heruwidi. IDN Times/Imron

Kepala Dishub Lamongan Heruwidi mengatakan, dua lokasi yang menjadi titik kemacetan di jalan nasional itu karena adanya jalur kereta. Selain itu titik rawan kemacetan lainnya juga ada di jalan Pantura Dandles diantaranya depan pasar Paciran, Karanji dan pertigaan Jalan Raya Banjarwati.

"Selain lokasi tadi ada juga jalan yang rawan macet yang perlu diwaspadai para pemudik seperti kalau arah ke Mojokerto itu di depan Pasar Sidoharjo, pintu masuk Masjid Namirah dan pertigaan Mantup menuju ke Surabaya," kata Heruwidi, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga: Mobil di Lamongan Ditabrak Kereta Api hingga Terpental 20 Meter

2. Pemudik diminta mewaspadai jalur rawan kecelakaan

Waspadai Titik Macet di Lamongan saat Mudik Lebaran 2023Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Tak hanya itu, lokasi kemacetan juga biasanya terjadi di depan pasar Babat. Lokasi itu macet karena terdapat sejumlah persimpangan jalan yang menuju ke Kabupaten Jombang dan Bojonegoro. Meski terdapat rawan kemacetan, namun titik yang dianggap macet tersebut tidak rawan kecelakaan.

"Hanya titik rawan kemacetan saja, untuk rawan kecelakaan tidak ada di lokasi yang saya sebutkan tadi. Ada juga sebagian jalan yang rawan kecelakaan seperti di tanjakan jalan Babat- Jombang di sana ada beberapa jalan yang naik itu yang perlu diwaspadai pemudik," terangnya.

3. Titik jalan yang macet akan dijaga oleh petugas

Waspadai Titik Macet di Lamongan saat Mudik Lebaran 2023Ilustrasi arus mudik (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Heru menerangkan, lokasi jalan yang macet tersebut nantinya akan ditempatkan sejumlah personil baik dari Satlantas Polres Lamongan, Dandim, Satpol PP dan petugas Dishub sendiri. Para petugas itu nanti akan mengurai kecamatan. Adapun petugas Dishub yang akan dikerahkan dalam pengamanan arus dan balik lebaran berjumlah sekitar 30 orang.

"Ada juga pos mudik lebaran yang dibangun, diantaranya di terminal, Paciran, alun-alun Kota Lamongan dan pos di pasar Babat," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Ikon Daerah, Begini Sejarah Toren Air Lamongan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya