Terasa Hingga Tuban, Gempa di Bojonegoro Membuat Warga Panik

Belum ada laporan kerusakan

Tuban, IDN Times - Gempa berkekuatan 4,0 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Bojonegoro juga dirasakan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Tuban yang tinggal di Kecamatan Parengan. Bahkan, kuatnya guncangan gempa tersebut membuat warga setempat pun panik. Adapun lokasi gempa sendiri berada di koordinat 7.11 LS,111.85 BT 6 km Barat Laut, Bojonegoro dengan kedalaman 7 kilometer.

1. Gempa berlangsung selama 10 detik

Terasa Hingga Tuban, Gempa di Bojonegoro Membuat Warga PanikGempa berkekuatan 4,0 guncang Bojonegoro. Dok BPBD Bojonegoro

Wariono warga setempat mengatakan, guncangan gempa yang ia rasakan sebanyak dua kali. Sementara lama gempa tersebut ia perkirakan berlangsung hingga sekitar 10 detik. Akibat kuatnya guncangan gempa tersebut warga pun mengaku panik.

"Gempa yang terjadi berlangsung lumayan lama. Diperkirakan terjadi sekitar 10 detik, hingga membuat warga panik," kata Wariono.

2. Gempa terasa hingga Kecamatan Rengel dan Parengan

Terasa Hingga Tuban, Gempa di Bojonegoro Membuat Warga PanikIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 08.04.23 WIB di wilayah Bojonegoro dan Tuban. Untuk daerah yang merasakan gempa dari hasil laporan masyarakat untuk sementara ini untuk wilayah Tuban yaitu Kecamatan Rengel dan Parengan.

"Dampak gempa bumi berdasarkan hasil permodelan peta guncangan (shakemap), sehingga gempa bumi ini dirasakan di Bojonegoro dan Tuban dengan skala intensitas II–III MMI,"kata Zem Irianto Padama Saat dihubungi IDN Times, Senin (12/06/2023).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Bojonegoro

3. Belum ada laporan kerusakan

Terasa Hingga Tuban, Gempa di Bojonegoro Membuat Warga PanikGempa berkekuatan 4,0 guncang Bojonegoro. Dok BPBD Bojonegoro

Sedangkan, di wilayah Bojonegoro yang merasakan adanya gempa yakni Kecamatan Leran, Kalitidu dan Kecamatan Trucuk. Adapun jenis gempa bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Saat ini belum menerima adanya laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan masih menunggu laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), maupun TNI/Polri dan instansi yang terkait yang berada di dekat lokasi kejadian," pungkasnya.

Baca Juga: [UPDATE] Gempa di Tuban Magnitudo 6,6 Belum ada Gempa Susulan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya