Tekan Angka Golput di Gresik, KPU Adakan Lomba Selfie di TPS

Di tengah pandemik, KPU targetkan 77,5 persen pemilih

Gresik, IDN Times - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Gresik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mengadakan lomba lomba swafoto alias selfie di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Peserta yang bisa mengikuti lomba adalah mereka yang sudah bisa menyalurkan hak pilihanya di Pilkada 9 Desember 2020. 

1. Para peserta yang mengikuti lomba tidak dipungut biaya

Tekan Angka Golput di Gresik, KPU Adakan Lomba Selfie di TPSIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Para peserta cukup melakukan foto gaya bebas dengan latar TPS di tempatnya masing-masing. Setelah itu foto kemudian di unggah di fanpage KPU Gresik dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap. Peserta lomba juga tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menekan angka golput," kata Komisioner KPU Gresik, Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Makmun, saat dihubungi IDN Times, Senin (7/12/2020).

2. Di tengah pandemik COVID-19, KPU Gresik targetkan pemilih 77,5 persen

Tekan Angka Golput di Gresik, KPU Adakan Lomba Selfie di TPSANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Di tengah pandemik COVID-19 yang masih berlangsung, KPU Gresik sendiri menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pilkada 2020 sebesar 77,5 persen. Untuk mencapai target tersebut, KPU juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Salah satunya dengan mengadakan lomba selfie ini mas. Lomba ini gratis dan hadiah yang bakal diperebutkan cukup besar. Juara 1 Rp3 juta, juara 2 Rp2,5 juta, serta juara 3 Rp2 juta. Juara favorit Rp750 ribu. Jadi total hadiah yang kita sediakan Rp15 juta," jelasnya.

Baca Juga: Tes Swab Bersama Paslon di Surabaya, Ketua KPU Gresik Positif COVID-19

3. KPU Gresik juga lombakan TPS terunik

Tekan Angka Golput di Gresik, KPU Adakan Lomba Selfie di TPSIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain mengadakan lomba selfie. KPU Gresik juga mengadakan lomba TPS terunik. Bagi TPS yang memenuhi kriteria pemenang akan diberikan hadiah.

"Total hadiah yang kita berikan sebesar Rp16 juta, untuk juara 1 Rp4 juta, juara 2 Rp2,5 juta, serta juara 3 Rp2 juta, dan hadiah Rp2 juta untuk 10 TPS terunik. Dan pajak akan ditanggung oleh para pemenang," pungkasnya.

Baca Juga: Hanya Bupati Gresik yang Dapat Lencana Emas, 37 Kepala Daerah ke Mana?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya