Polisi Bersenjata Perketat Pengamanan PPK di Seluruh Bojonegoro

Kapolres juga siap tindak kelompok yang mengacau

Bojonegoro, IDN Times- Guna memastikan situasi kondusifitas pasca Pemilu 2019, Polres Bojonegoro menyiagakan ratusan personel bersenjata lengkap di setiap PPK yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (20/4). 

Pengamanan ketat pada saat kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Kecamatan dengan personel bersenjata itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak-tidak diinginkan. "Tadi malam dan hari ini, Sabtu. Semua personil polisi dengan senjata lengkap kita siagakan," kata Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, saat dihubungi IDN Times.

1. Polres Bojonegoro juga melakukan penebalan pengamanan

Polisi Bersenjata Perketat Pengamanan PPK di Seluruh BojonegoroIDN Times/ Istimewa

Bahkan lanjut Ary, sejak hari Jumat lalu, pengamanan juga sudah dipertebal dengan menambah sejumlah personel di setiap PPK untuk menjaga kotak suara yang saat ini sudah berada di kantor PPK, dari bentuk-bentuk ancaman dan gangguan yang berpotensi mengganggu berlangsungnya rekapitulasi dan mengantisipasi gangguan dari pihak tertentu yang akan menggagalkan hasil perolehan suara. "Pastinya mas kita juga pertebal pengamanan dan menambah jumlah personil," ujarnya.

2. Kapolres pastikan logistik pemilu di PPK aman

Polisi Bersenjata Perketat Pengamanan PPK di Seluruh BojonegoroIDN Times/ Istimewa

Selanjutnya, anggota yang bertugas di PPK tidak boleh meninggalkan tempat dan harus siaga 24 jam di lokasi PPK. Sementara jika anggota lainnya yang hendak beristirahat, harus bergantian dengan personel lainnya.

"Kita pastikan kotak suara dalam kondisi aman, sehingga tidak ada celah untuk melakukan gangguan dalam proses penghitungan. Dan Alhamdulillah sejauh ini di Bojonegoro pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar dan tertib," terang Ary.

Baca Juga: Tangki Bensin Bocor, Motor Suzuki Hangus Terbakar di SPBU Bojonegoro

3. Kapolres tinjau langsung pengamanan PPK di Bojonegoro

Polisi Bersenjata Perketat Pengamanan PPK di Seluruh BojonegoroIDN Times/ Istimewa

Sementara untuk memastikan situasi di lokasi aman, Ary juga terjun langsung untuk melakukan pemantauan dan pengamanan proses penghitungan di PPK, bersama Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Redinal Dewanto ke beberapa PPK yang sudah mulai melakukan proses penghitungan surat suara. "Sudah kami juga bersama pak Dandim Bojonegoro juga sudah turun dan mengecek ke beberapa PPK, dan memantau langsung proses penghitungan surat suara," imbuhnya.

4. Pemilu di Bojonegoro berjalan aman dan kondusif

Polisi Bersenjata Perketat Pengamanan PPK di Seluruh BojonegoroIDN Times/ Istimewa

Meski sejauh ini proses pemilihan umum baik sebelum maupun sesudah di Bojonegoro berjalan dengan aman dan kondusif. Namun upaya pengamanan terus dilakukan seperti halnya wilayah hukum di Indonesia khususnya Jawa Timur.

"Alhamdulillah masyarakat melaksanakan pemilihan ini dengan baik dan kondusif, tidak ada gejolak politik yang memanas sejauh ini. Namun, kami akan bertindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang ingin membuat situasi gaduh di Bojonegoro," pungkasnya.

Baca Juga: Kapolres Bojonegoro Imbau Masyarakat Tak Gelar Pawai Kemenangan

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya