Mengenal Bunda Nanik, Wakil Bupati Magetan

Sebelum jadi wakil, Nanik juga menjadi ketua PKK Magetan

Magetan, IDN Times - Nama Nanik Endang Rusmiartini memang tidak asing bagi masyarakat Kabupaten Magetan. Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Magetan mendampingi Suprawoto sejak tahun 2018 lalu itu, ibu dua anak ini sudah dikenal banyak orang sebagai istri Bupati Magetan, Sumantri. Saat menjadi istri orang nomor satu di Magetan ia pun menjabat sebagai Ketua PKK selama 10 tahun. Berikut profil singkat Nanik Endang Rusmiartini.

1. Pernah membawa Kabupaten Magetan juara Hatinya PKK secara nasional

Mengenal Bunda Nanik, Wakil Bupati MagetanWakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusmiartini. Dok. Facebook pribadi.

Nanik Endang Rusmiartini sendiri tinggal di Desa Dunggowo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ia mengenyam pendidikan di SMP dan SPG atau Sekolah Pendidikan Guru yang setara dengan SMA di Ponorogo. Lulus dari SPG ia kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi S1 dan S2 di disalah satu universitas di Surabaya. 

Saat menjabat sebagai Ketua PKK Magetan, wanita yang akrab dipanggil Bunda Nanik ini pernah menyabet juara pertama pelaksana terbaik pemanfaatan halaman pekarangan (Hatinya PKK) pada tahun 2012 lalu. Sejak menjadi ketua PKK mendampingi suaminya selama 10 tahun. Bunda Nanik sudah terbiasa mengabdikan diri bagi masyarakat.

Baca Juga: Suprawoto, Bupati Magetan yang Akrab dengan Dunia Kehumasan

2. Berbekal pengalaman mendampingi suaminya, Nanik kemudian mencalonkan diri sebagai wakil Bupati

Mengenal Bunda Nanik, Wakil Bupati MagetanWakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusmiartini. Dok. Facebook pribadi.

Berbekal pengalamannya menjadi ketua PKK mendampingi sang suami. Bunda Nanik lantas mencalonkan diri menjadi wakil bupati Magetan mendampingi Suprawoto pada pemilihan kepala daerah 2018 lalu. Pada pemilihan kepala daerah saat itu pasangan Suprawoto-Nanik Endang Rusminiarti yang diusung koalisi Partai Demokrat dan PPP berhasil mendapatkan suara terbanyak yakni berjumlah 165.786 atau 43,17 persen.

Sedangkan untuk Paslon Suyatni Priasmoro-Nur Wahid yang diusung Partai Nasdem dan PKB mendapatkan perolehan suara 115.724 atau 30,14 persen dan Paslon Miratul Mukminin-Joko Suyono yang diusung PDI-P, Golkar, Partai Gerindra, PKS, dan PAN, mendapatkan 102.503 suara atau 26,69 persen.

3. Meski menjabat sebagai wakil bupati, Nanik tak lupa perannya sebagai seorang istri

Mengenal Bunda Nanik, Wakil Bupati MagetanWakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusmiartini. Dok. Facebook pribadi.

Meski saat ini menjabat sebagai orang nomor dua di Magetan, namun Bunda Nanik tidak lupa perannya sebagai ibu rumah tangga ia tetap menjadi istri teladan Sumantri dan juga kedua anaknya. Ditengah kesibukannya sebagai orang nomor dua di Magetan, ia tetap menyempatkan diri untuk berolahraga, selain itu untuk menjaga stamina tubuhnya ia juga rutin mengkonsumsi makanan bergizi.

Baca Juga: Mengenal Rini Syarifah, Perempuan Pertama yang Memimpin Blitar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya