Comscore Tracker

Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur Pantura

Jangan sampai nyetir sambil teler

Tuban, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban menggelar tes urine terhadap puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Tes itu digelar di terminal bus Kambang Putih, Senin (30/12), pagi.

Hasilnya, petugas tidak mendapatkan adanya sopir bus terindikasi memakai narkoba. "Razia gabungan BNN dan Polres Tuban, hari ini ada sekitar 80 sopir dan kondektur bus yang kita tes urine," kata Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana.

1. Sopir angkot juga dites urine

Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur PanturaPetugas BNNK Tuban memeriksa barang bawaan penumpang bus. IDN Times/Imron

Selain menggelar tes urine terhadap sopir bus AKAP, petugas juga memeriksa setiap pengendara mobil dan sopir angkot yang melintas. Mereka juga diberikan penyuluhan agar tetap mengedepankan keselamatan saat berkendara. Hal ini bertujuan untuk menekan angka Kecelakaaan di jalur Pantura. "Semua kita periksa. Ini juga upaya kami agar libur tahun baru 2020, sopir bus, angkot dan kendaraan pribadi tetap berkendara dengan baik," ucapnya.

 

2. Petugas juga periksa barang bawaan penumpang

Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur PanturaPetugas gabungan saat menggelar tes urine terhadap sopir bus. IDN Times/Imron

Made menambahkan petugas menggeledah satu per satu barang bawaan yang dibawa oleh para penumpang bus. Hal ini bertujuan untuk memastikan barang bawaan yang dibawa penumpang tidak menyalahi aturan. Barang-barang yang dianggap terlarang meliputi narkoba, miras dan senjata tajam. "Kita juga periksa barang bawaan, seperti tas, koper dan barang-barang yang disimpan di bagasi mobil dan hasilnya juga tidak kita temukan adanya barang-barang terlarang," ungkapnya.

3. Petugas juga lakukan cek fisik kendaraan

Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur PanturaPetugas Lantas Polres Tuban saat memeriksa fisik kendaraan bus. IDN Times/Imron

Menurut Made, pemeriksaan juga termasuk mengecek kelengkapan berkendara dan fisik kendaraan. Dari hasil pemeriksaan lagi-lagi petugas juga tak mendapati bus dan angkot yang tidak layak jalan. Mereka kemudian dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan menuju tujuannya masing-masing. "Tadi bapak Kapolres Tuban juga bilang untuk cek fisik kendaraan semua aman, tidak ada yang melanggar," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Misa Natal 2019, Polres Tuban Sterilisasi Sejumlah Gereja

4. Pengunaan narkoba di Tuban masih kecil

Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur PanturaSalah seorang sopir bus menjalani tes urine. IDN Times/Imron

Untuk peredaran narkoba di Kabupaten Tuban sendiri, Made menyebutnya masih kecil. Meski demikian, BNN dan Polres Tuban terus gencar melakukan razia di sejumlah tempat hiburan malam yang ada di Tuban. "Kalau sosialisasi bahaya narkoba kami rutin. Apalagi sebentar lagi akan memasuki malam pergantian tahun baru. Kita pastikan pengunjung tempat hiburan malam tidak membawa narkoba, baik pil dobel L dan sabu-sabu," ungkapnya.

Baca Juga: Natal 2019, Satu Napi di Tuban Dapat Potongan Tahanan 15 Hari

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya