Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan Jiwa

Alat ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan stroke

Tuban, IDN Times - Kemajuan teknologi di bidang kesehatan membuat sejumlah rumah sakit berlomba-lomba ingin memiliki kecanggihan alat kesehatan. Salah satunya RSUD Dr Koesma Tuban. Rumah sakit yang berlokasi di jantung kota Tuban ini memiliki Robot Autism yang diklaim berfungsi untuk menyembuhkan penyakit ganguan jiwa.

Robot ini memungkinkan masyarakat Tuban dan sekitarnya yang mengidap ganguan jiwa tak perlu berobat ke luar daerah. "Alhamdulillah rumah sakit sekarang sudah memiliki beberapa alat canggih salah satunya robot autism," kata Dirut RSUD Dr Koesma Tuban Saiful Hadi, usai mengelar seminar kesehatan di aula RSUD Dr Koesma, Kamis (29/11).

 

 

1. Mendeteksi fungsi otak yang memiliki kerusakan

Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan JiwaIDN Times/IMRON

Hadi mengatakan bahwa pasien yang menggunakan robot ini akan didudukkan di sebuah kursi. Kemudian, beberapa organ tubuh akan dipasang ialat robot yang berfungsi untuk mendeteksi orang syaraf di dalam otak yang mengalami kerusakan. Kemudian pasien akan diberikan terapi secara berkala.

2. Sekali terapi pasien dikenakan biaya Rp150 ribu

Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan JiwaIDN Times/IMRON

Sekali terapi pasien dikenakan biaya sebesar Rp 150 ribu. Biaya ini belum termasuk obat yang diberikan oleh dokter jiwa. Sayangnya, biaya terapi pasien ini belum bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Kita belum buka pelayanan mengunakan biaya BPJS kesehatan karena alat ini cukup mahal dan BPJS belum bisa menjangkau ke biaya ini. Namun tidak menutup kemungkinan kita akan ajukan kesana nanti," katanya.

3. Harga robot autism senilai Rp16 miliar

Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan JiwaIDN Times/IMRON

Sementara, kata Hadi, biaya yang dikeluarkan rumah sakit untuk membeli alat tersebut sekitar Rp16 miliar dan secara langsung didatangkan dari Jerman. Dalam waktu dekat, alat itu rencananya akan diluncurkan agar segera bisa digunakan.

Baca Juga: Pelaku Pembacokan di Ponpes Tuban Ditembak Mati, Ini Kronologinya

4. Hanya ada 4 rumah sakit di Jawa Timur

Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan JiwaIDN Times/IMRON

Selain Kabupaten Tuban sejumlah rumah sakit yang ada di Provinsi Jawa Timur, seperti Dr Soetomo Surabaya, Malang dan Blitar, sudah memiliki alat ini. Robot autism, selain bekerja menyembuhkan penyakit ganguan jiwa, alat ini juga dapat dipergunakan bagi mereka yang terkena penyakit stroke dan kelumpuhan selama bertahun-tahun.

"Karena rumah sakit ini sudah menyandang status RS tipe B maka semua peralatan juga harus standar dan baik. Semoga dengan ulang tahun rumah sakit yang ke 34 ini, kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Tuban dan sekitarnya," imbuhnya.

5. Tenaga medis diwajibkan mengikuti seminar

Keren, RSUD Dr Koesma Tuban Punya Robot Penyembuh Gangguan Jiwapixabay.com/mohamed_hassan

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini seluruh tenaga medis yang bekerja di rumah sakit itu juga diwajibkan untuk mengikuti acara seminar yang bertujuan untuk mengenalkan alat-alat medis yang di datangkan. Selain robot autism, pihaknya juga membeli sejumlah alat.

Untuk saat ini robot autism masih berada di gudang, dan belum kita keluarkan, karena masih menunggu ruangan tenaga yang merakit dan dokter kejiwaan," pungkas Hadi.

Baca Juga: Empat Begal Antar Provinsi Ditembak Mati di Tuban

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya