Jelang Rapat Pleno, Polres Pasang CCTV di Kantor KPU Lamongan

Pemasangan CCTV juga dilakukan di gudang logistik KPU

Lamongan, IDN Times- Menjelang rapat pleno KPU Lamongan, yang tinggal menghitung beberapa hari saja, pengamanan terus ditingkatkan Polres Lamongan. Salah satunya memasang kamera pengintai atau CCTV di sejumlah titik di Kantor KPU setempat.

Kapoles Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, pemasangan kamera pengintai bertujuan untuk memantau adanya tindakan yang tak diinginkan sepertiperusakan kotak surat suara, pencurian, hingga ancaman dari pihak-pihak yang dengan sengaja membuat keadaan tidak kondusif.

1. Polisi pastikan keamanan usai pemilu

Jelang Rapat Pleno, Polres Pasang CCTV di Kantor KPU LamonganIDN Times/ Istimewa

Feby mengatakan bahwa pemasangan CCTV itu merupakan upaya serius Polres Lamongan dalam mengawal pemilu yang profesional dan berintegritas. "Juga untuk meningkatkan pengawasan keamanan, surat suara baik Pileg maupun Pilpres 2019," ungkapnya.

Baca Juga: Dua Petugas Penyelenggara Pemilu di Lamongan Keguguran Saat Bertugas

2. Pasang delapan kamera pengintai

Jelang Rapat Pleno, Polres Pasang CCTV di Kantor KPU LamonganIDN Times/ Istimewa

Saat ini, total ada delapan kamera CCTV yang dipasang. Empat kamera berjenis analog indoor dan outdoor dengan jenis Hikvision 2 megapixel. Adapun empat lainnya merupakan camera IP outdoor berjenis Hikvision 3 megapixel. "Ada sejumlah petugas khusus yang menjaga kamera pengintai CCTV ini selama 24 jam. Dan kita pastikan pengamanan pemilu tahun ini berjalan sesuai harapan," harapnya.

3. Kamera pengintai juga dipasang di gudang KPU

Jelang Rapat Pleno, Polres Pasang CCTV di Kantor KPU LamonganIDN Times/ Istimewa

Selain memasang kamera CCTV di kantor KPUD setempat, polisi juga memasang sejumlah kamera di gudang logistik milik KPU. Dengan penjagaan ketat dari puluhan personil polisi yang bertugas di lokasi gudang penyimpanan logistik pemilu. "Kita sudah pasang Camera360 di gudang penyimpanan kotak suara dan surat suara karena pengawasan dan keamanannya harus benar - benar terjaga,"imbuhnya.

4. Polres sosialisasi kemanan pemilu di radio

Jelang Rapat Pleno, Polres Pasang CCTV di Kantor KPU LamonganIDN Times/ Istimewa

Lebih lanjut Feby mengatakan, Polres Lamongan juga turut membantu pelaksanaan pemilu tahun ini. Caranya dengan mempublikasi dan mensosialisasikan kemanan pemilu, baik melalui media cetak dan elektronik. "Upaya-upaya yang kita sudah lakukan diantaranya melakukan sosialisasi tentang keamanan di radio milik Polres Lamongan, maupun yang lainnya. Dan kami juga akan tindak tegas pelaku kerusuhan," pungkasnya.

Baca Juga: Kelelahan Saat Pengamanan di PPK, Anggota Polres Lamongan Tutup Usia 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya