Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik 

Wow, ada yang pembeli dari Jawa Tengah

Tuban, IDN Times - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, sejumlah toko yang menjual perlengkapan natal di Kabupaten Tuban, mulai dibanjiri pembeli. Warga Tuban terus memburu miniatur pohon natal yang dihiasi dengan bola-bola kristal dan pita jala berwarna putih, miniatur pohon tersebut rencananya oleh pembeli untuk dipajang di kediaman mereka masing-masing.

Dalam sehari, pemilik toko Anugerah Florist di Jalan Diponegoro, Tuban, bernama Fatimah mengaku bisa menjual dua hingga tiga pohon. "Sudah mulai rame kok. Kalau yang paling laku terjual adalah pohon natal, baik ukuran sedang maupun besar," kata Fatimah, kepada IDN Times, Senin (17/12).

Baca Juga: 5 Tips Hemat Mendekorasi Ruangan untuk Sambut Natal!

1. Satu batang pohon natal dijual Rp68 ribu hingga Rp1,5 juta

Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik IDN Times/Imron

Fatimah menjelaskan harga satu batang pohon yang berukuran besar dijual seharga Rp1,5 juta, sedangkan untuk ukuran sedang seharga Rp150 ribu dan Rp68 ribu untuk pohon natal yang berukuran kecil.

Selain pohon natal, sejumlah perlengkapan Natal lainnya, seperti pita jala, bunga, dan sejumlah aksesori lainnya juga mulai laris terjual. "Sudah banyak yang beli menjelang Natal ini, toko kami sudah mulai banyak yang pesan dan barang-barang lainnya terjual," katanya.

2. Banyak pembeli dari luar kota

Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik IDN Times/Imron

Tidak hanya dari Tuban,  pembeli juga datang dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka rela jauh-jauh ke Tuban, karena toko itu menyediakan kebutuhan Natal secara lengkap, mulai dari topi, pita dan sejumlah barang keperluan natal.

"Banyak mas ada dari Surabaya, Lamongan, Gresik, dan kabupaten lainnya di Jawa Tengah," kata Fatimah.

3. Dijual melalui online

Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik IDN Times/Imron

Untuk penjualan keperluan natal, pemilik toko mengunakan media online, melalui Facebook, Instagram dan melalui pesan singkat WhatsApp. Cara ini ia lakukan karena untuk mempermudah pembeli dari luar daerah memilih barangnya.

"Seperti pada umumnya, kalau ada kesempatan jual beli biasanya, barang yang dipesan akan kami antar melalui jasa pengiriman barang. Untuk kendalanya yang kami hadapi pada saat pengiriman barang itu rusak dan itu dikembalikan ke toko," jelas dia.

4. Sudah dipersiapkan sejak pertengahan bulan lalu

Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik IDN Times/Imron

Sementara untuk persiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2019, pemilik toko sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan keperluan barang. Barang yang semula habis terjual, mulai didatangkan lagi ke toko.

Pemilik toko sendiri membeli barang dari Surabaya dan Jakarta. "Persiapan sudah pertengahan Bulan November lalu, jadi barang-barang yang tidak ada di toko ini, kami datangkan langsung dari Jakarta," jelasnya.

5. Keuntungan dari penjualan mencapai jutaan rupiah

Jelang Natal, Warga Tuban Mulai Berburu Pernak-pernik IDN Times/Imron

Dalam sehari, pemilik toko memperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah. Toko yang melayani pembeli dari pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB ini di hari-hari biasa memang nampak sepi.

Namun, saat menjelang Natal setiap tahunnya toko ini mulai diserbu oleh ratusan orang. Selain harga yang ia jual terbilang murah toko ini juga menyajikan barang yang berkualitas.

Baca Juga: Yuk Intip 10 Dekorasi Natal Bertema Gold ala Keluarga Sandra Dewi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya