Hore! Jembatan Ngaglik Lamongan Sudah Bisa Dilewati

Jembatan patah akibat tak kuat menahan beban

Lamongan, IDN Times - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jembatan Ngaglik 1 Lamongan sudah selesai pengerjaannya dan bisa dilewati oleh kendaraan umum. Sebelum dibuka kembali, jembatan tersebut telah diuji statik dan uji dinamik. Kedua tes ini dilakukan sebanyak 3 kali dengan 4 truk tronton yang bermuatan sebanyak 140 ton.

1. Khofifah sebut pengerjaan jembatan lebih cepat dari target

Hore! Jembatan Ngaglik Lamongan Sudah Bisa DilewatiGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Jembatan Ngaglik 1 Lamongan. Dok Humas Pemkab Lamongan

Khofifah mengatakan, sebelumnya proses pengerjaan perbaikan jembatan sendiri diprediksi bakal rampung H-10 lebaran Idul Fitri. Namun perbaikan jembatan Ngaglik 1 Lamongan tersebut ternyata bisa lebih cepat 5 hari dari yang diperkirakan. 

"Sekarang ini sudah siap untuk memberikan layanan percepatan logistik, jadi mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh masyarakat, menjelang lebaran seluruh proses yang terkait dengan pemenuhan logistik bisa diakses lebih cepat," katanya saat sidak ke Jembatan, Minggu (17/4/2022), malam.

Baca Juga: Ini Penyebab Amblesnya Jembatan Ngaglik Lamongan

2. Jembatan Ngaglik akses utama pengiriman barang antar daerah melalui darat

Hore! Jembatan Ngaglik Lamongan Sudah Bisa DilewatiImbas Jembatan Ngaglik 1 Lamongan ambles. Arus lalulintas di Jalan Daendles macet total. IDN Times/Imron

Karena, lanjut Khofifah, jembatan ini memang sangat vital dan banyak sekali logistik yang harus terpenuhi sebelum hari raya Idul Fitri maka percepatan perbaikan yang dilakukan oleh tim BBPJN ini dipastikan tidak akan menghambat pengiriman barang atau logistik baik dari luar daerah.

"Pak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi akses jalan di jembatan Ngaglik 1 Lamongan sudah bisa dilalui dengan tuntasnya proses perbaikan tersebut, maka layanan percepatan logistik harus dapat terpenuhi sebelum lebaran," pungkasnya.

3. Jembatan Ngaglik patah pada 29 Maret akibat tak kuat menahan beban

Hore! Jembatan Ngaglik Lamongan Sudah Bisa DilewatiGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Jembatan Ngaglik 1 Lamongan. Dok Humas Pemkab Lamongan

Terpisah Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, tuntasnya perbaikan jembatan tersebut diharapkan aktivitas lalu lintas di jalan nasional arteri primer di Lamongan ini dapat kembali berjalan lancar. "Alhamdulillah seperti apa yang dikatakan Ibu Gubernur, ini dapat selesai lebih cepat, dengan siap beroperasinya jembatan ini maka arus lalu lintas di Lamongan juga bisa kembali normal," kata Pak Yes.

Sebelumnya diberitakan, Jembatan Ngaglik 1 Lamongan patah pada bagian girder akibat tidak kuat menahan beban truk yang melebihi muatan pada 29 Maret lalu. Kemudian Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional diperkirakan perbaikannya akan dapat diselesaikan kurang lebih 24 hari atau H-10 Idul Fitri, namun ternyata dapat selesai lebih cepat.

Baca Juga: Jembatan Ngaglik I Lamongan Dibuka Normal 5 Hari Lagi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya