Hiu Tutul Muncul di Laut Tuban, Warga Sebut Fenomena Tahunan

Hiu tutul tersebut makan ikan kecil

Tuban, IDN Times - Seekor hiu tutul muncul di perairan laut utara Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban. Ikan yang memiliki panjang sekitar 6 meter tersebut muncul dan sempat terekam kamera ponsel salah satu nelayan yang saat itu sedang mencari ikan. Hiu tutul ini muncul dan berkeliaran di area pelabuhan untuk mencari ikan kecil dan plankton di perairan laut yang dangkal.

Misbahusholihin salah satu warga setempat mengatakan, kemunculan hiu tutul tersebut merupakan fenomena tahunan. Para hiu tutul itu akan datang disaat musim tangkap ikan rebon melimpah. Adapun jenis hiu yang Misbahusholihin temui adalah hiu tutul hitam.

"Munculnya hiu kan fenomena tahunan. Biasanya hiu datang itu kalo pas tangkapan ikan rebon melimpah. Hiu tutul tersebut makan rebon," kata Misbahusholihin, Kamis (6/7/2023).

Misbahusholihin menjelaskan ada dua hiu tutul yang muncul saat itu, namun hanya satu saja yang terekam kamera ponsel warga. Hiu itu muncul dan berkeliaran di sekitar samping utara pelabuhan. Sementara Darsono nelayan setempat mengatakan, kemunculan hewan hiu tutul tersebut biasanya terjadi pada musim ombak timur.

"Pada musim ombak timur dan datangnya juga berkelompok dan hiu yang sering dijumpai itu memiliki panjang sekitar 12 meter," katanya.

Meski begitu para nelayan tidak menghiraukan adanya kemunculan hiu tersebut. Pasalnya hiu yang mereka temui tidak berbahaya bagi nelayan karena hiu tersebut hanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di laut.

"Gak bahaya. Panjangnya mencapai 12 meter, beratnya 2 ton. Kalau gelombang tinggi keluarnya di tengah dan datangnya berkelompok. Ada banyak," pungkasnya.

Baca Juga: Hiu Tutul Terdampar di Pantai Banyuwangi, Sebulan Tiga Kejadian

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya