Harga Anjlok, Petambak Bandeng Lamongan Gelisah

Banyak petani tambak yang menelan kerugian

Lamongan, IDN Times- Harga ikan bandeng yang sempat membuat sejumlah petani tambak meradang lantaran terus mengalami penurunan harga. Kini kembali merangkak naik. Harga ikan bandeng yang sempat terjun bebas dari harga 10 ke Rp 5 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp7000 - Rp8000.

Penurunan harga ikan yang sudah terjadi sejak tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, lalu tentunya sangat berimbas pada ruginya petani. Pasalnya, harga jual ikan dengan hasil perawatan budidaya ikan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. "Jelas sangat merugikan petani tambak mas kalau harganya anjol seperti ini," kata Muklis, seorang petambak.

1. Jumlah ikan yang dipanen semakin banyak

Harga Anjlok, Petambak Bandeng Lamongan GelisahIDN Times/ Imron

Muklis mengaku, penurunan harga ikan di Lamongan tak hanya terjadi pada satu jenis ikan bandeng saja. Namun sejumlah ikan lainnya, seperti mujaer, nila dan ikan lainnya juga menurun.

Para petani tambak mengaku penurunan harga ikan di pasaran hal ini dipengaruhi karena jumlah ikan sangat banyak. "Harganya anjlok karena banyak ikan yang dipanen para petani tambak secara bersamaan, jadi harganya murah," tambah Muklis. 

2. Masuki masa musim tanam padi

Harga Anjlok, Petambak Bandeng Lamongan GelisahIDN Times/ Imron

Alasan para petani tambak memanen ikan secara bersamaan, karena sekarang sudah memasuki musim tanam padi. Tambak-tambak yang semula dijadikan budidaya ikan. harus dikuras.

Sejumlah petani pun mengaku mengalami kerugian yang tidak sedikit. Bahkan, akibat turunnya harga ikan tersebut, tak jarang petambak yang akan menjual ikannya untuk dijual dibawa kembali ke rumah.

3. Sidak ke pasar ikan di Lamongan

Harga Anjlok, Petambak Bandeng Lamongan GelisahIDN Times/ Imron

Kepala Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni, saat mengelar sidak di pasar ikan Lamongan, Rabu (12/6) menjelaskan naiknya harga ikan air tawar karena yang saat ini terjadi karena dipengaruhi semakin banyaknya pembeli dan tengkulak yang mulai melakukan transaksi.

Diperkirakan harga ikan baru akan naik seiring datangnya musim kemarau. "Kalau kering turun mas, tapi Alhamdulillah sekarang setelah kita cek di pasar mulai naik harganya," katanya.

4. Harga ikan akan terus dipantau

Harga Anjlok, Petambak Bandeng Lamongan GelisahIDN Times/ Imron

Saat ini, lanjut Zamroni, harga sudah mulai merangkak normal. Berdasarkan pantauannya, Saat ini harga ikan bandeng sudah menyentuh Rp 5 ribu per kilogram dengan dengan jumlah 15 ekor, Rp8 ribu  untuk 7 ekor per kilogram dan Rp15 ribu yang berisi 5 sampai 6 ekor ikan bandeng.

Terkait hal ini Disperindag Kabupaten Lamongan akan memantau terus harga yang ada di Pasar Ikan terutama distribusi ke pabrik - pabrik di luar Lamongan. "Sebagai tindak lanjut kita akan terus memantau perkembangan harga ikan dan jangan sampai hal ini merugikan para petani tambak, kasihan mereka," pungkasnya.

Baca Juga: Harga Bandeng Rp2 Ribu per Kg, Petambak Lamongan Curhat ke Khofifah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya