Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati Sidoarjo

Gus Muhdlor jadi bupati di usia 29 tahun

Sidoarjo, IDN Times - Sosok Ahmad Muhdlor Ali memang tidak asing lagi bagi masyarakat Nahdliyin di Kabupaten Sidoarjo. Pria yang akrab disapa Gus Muhdlor ini merupakan tokoh muda NU. Sebelum menjabat sebagai Bupati, ia terlebih dahulu berkecimpung di bidang akademisi sebagai Direktur Pendidikan Yayasan Bumi Shalawat Progresif. Lalu bagaimana sepak terjang Gus Muhdlor hingga akhirnya menjadi bupati, berikut profil singkatnya.

1. Gus Muhdlor merupakan anak ke 6 dari tokoh NU KH. Agoes Ali Masyhuri

Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati SidoarjoBupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Dok pribadi

Lahir di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada 11 Februari 1991, Gus Muhdlor menghabiskan masa kecilnya dengan mengenyam pendidikan di SDN Kenongo 2 Tulangan, Sidoarjo dari 1997-2003. Setelah itu anak keenam dari tokoh NU KH. Agoes Ali Masyhuri, sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Progresif Bumi Shalawat ini melanjutkan pendidikannya di SMP AR Risalah Kediri dari 2003-2006.

Setelah itu, ia kembali lagi ke Sidoarjo untuk melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 4 Sidoarjo, 2006-2009. Tamat dari bangku sekolah menengah Gus Muhdlor kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Airlangga Surabaya dan di tahun 2013 ia dinyatakan lulus.

Baca Juga: Fandi Akhmad Yani, Pebisnis Tulen yang Jadi Bupati Gresik

2. Gus Muhdlor juga dipercaya menjadi Wakil Ketua PW Ansor Jawa Timur

Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati SidoarjoBupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Dok pribadi

Kecintaan terhadap NU, membuat pria jebolan Universitas Airlangga Surabaya ini kemudian diangkat menjadi Wakil Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Ansor Sidoarjo dari tahun 2017 hingga sekarang. Selain itu Gus Muhdlor juga dipercaya menjadi Wakil Ketua PW Ansor Jawa Timur tahun 2018. 

Semenjak menjabat sebagai Direktur Pendidikan Yayasan Bumi Shalawat Progresif ini Gus Muhdlor bertekad memajukan pendidikan NU yang berimbang di aspek spiritual dan intelektual. Atas kerja kerasnya itu Sekolah Progresif Bumi Shalawat kini diperhitungkan di kancah Nasional dan Internasional.

3. Di usianya yang ke 29 Gus Muhdlor sudah menjadi Bupati Sidoarjo

Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati SidoarjoBupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Dok pribadi

Berbekal pengalamannya di beberapa organisasi, di usianya yang masih 29 tahun Gus Muhdlor kemudian mencoba meraih peruntungan dengan menjadi Bupati Sidoarjo. Ahmad Muhdlor Ali mencalonkan diri dalam pemilihan umum Bupati Sidoarjo pada tahun 2020, lalu dengan calon wakil bupati Subandi.

Keduanya diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dari pemilihan kepala daerah itu, Gus Muhdlor memenangkan pemilu itu dengan perolehan suara sebanyak 39,8 persen. Ia mengalahkan pasangan Bambang Haryo dan Taufiqulbar dengan 38,3 persen suara dan pasangan Kelana Aprilianto dan Dwi Astutik dengan 21,8 persen.

Baca Juga: Profil Eri Cahyadi, Birokrat Muda Pemimpin Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya