Comscore Tracker

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Lamongan Diminta Tak Melaut

Hanya nelayan jarak dekat yang diperbolehkan melaut

Lamongan, IDN Times - Cuaca ekstrem terjadi di perairan laut utara Kabupaten Lamongan selama sepekan terakhir. Ketinggian gelombang bahkan dilaporkan sempat mencapai 3,5 meter. Para nelayan pun diimbau untuk tetap waspada saat melaut. 

"Ya pastinya kita tetap mengimbau kepada masyarakat, khususnya mereka yang berprofesi sebagai nelayan agar waspada terhadap cuaca buruk," kata Kasat Polairud Polres Lamongan AKP Winardi, Sabtu (18/1).

1. Disarankan untuk tidak melaut

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Lamongan Diminta Tak MelautGelombang air laut di perairan laut Tuban terpantau normal. IDN Times/Imron

Bahkan, jika cuaca buruk masih saja terjadi, Winardi menyarankan agar sementara waktu para nelayan tidak melaut dulu. "Lebih baik jangan melaut demi keselamatan. Ini bagi nelayan kita yang mencari ikan di perairan Masalembo karena ketinggian gelombang sangat membahayakan," katanya.

2. Nelayan yang melaut jarak dekat masih diperbolehkan melaut

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Lamongan Diminta Tak MelautKasat Polairud Polres Lamongan AKP Winardi. IDN Times/Imron

Meski begitu, ia menyatakan bahwa imbauan itu hanya berlaku bagi nelayan yang mencari ikan secara jarak jauh. Untuk nelayan jarak dekat, ia mengatakan bahwa kondisinya tetap aman.

"Nelayan kita kan mencari ikannya ada yang berminggu-minggu. Tapi ada juga yang melaut berangkat pagi dan pulang larut sore. Kalau nelayan harian boleh saja karena masih aman," imbuhnya.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga di Lamongan Nekat Konsumsi Sabu agar Kuat Begadang

3. Belum diketahui kapan berakhirnya cuaca ekstrem di perairan laut utara

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Lamongan Diminta Tak MelautIDN Times/Sukma Sakti

Mengenai kapan berakhirnya cuaca ekstrem di laut utara, Winardi mengaku masih menunggu informasi dari BMKG di Surabaya. "Kami juga terus menginformasikan kepada nelayan tentang cuaca buruk ini," terangnya.

Akibat kondisi ini, Winardi mengatakan bahwa pasokan ikan di tempat pelalangan ikan Brondong berkurang. Akibatnya, harga ikan laut merangkak naik. "Kalau ketersediaan ikan dari nelayan berkurang ya otomatis harga ikan akan naik. Tapi kita berharap cuaca ekstrem ini semoga cepat berlalu," harapannya.

Baca Juga: Kasus MeMiles, Kapolres Lamongan Minta Masyarakat Melapor Jika Tertipu

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya