Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ratusan Pelajar Tuban Tanam Pohon

Semangat jaga lingkungan ya dek!

Tuban, IDN Times - Guna mencegah terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor, ratusan pelajar SD dan SMP Kabupaten Tuban menanam pohon di bantaran Sungai Merakurak, Rabu siang (5/2). Tak hanya pelajar, aksi tanam pohon juga diikuti oleh Forkompimda Kecamatan Merakurak.

"Hari ini (Rabu) kami bersama PT Semen Indonesia Tuban menggelar aksi tanam pohon. Mari kita berikan contoh yang baik kepada anak-anak kita untuk menjaga kelestarian lingkungan di Tuban," kata Camat Merakurak, Bredi Ariyanto Tohir.

1. Siswa diminta merawat pohon yang ditanam

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ratusan Pelajar Tuban Tanam PohonSiswa SD di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban saat melakukan tanam pohon. IDN Times/Imron

Menurut Ariyanto, penanaman pohon tak sekadar seremonial belaka. Namun, para pelajar dan Forkompimda setempat juga diminta untuk merawat pohon yang ditanam. Sehingga, hasilnya bisa dirasakan oleh generasi berikutnya.

"Setelah menanam, ayo rawat bareng-bareng pohon yang kita tanam ini dan hasilnya bisa kita rasakan pada kemudian hari," jelasnya.

2. Menjaga lingkungan perlu sejak dini

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ratusan Pelajar Tuban Tanam PohonRatusan siswa SD dan SMP tengah berkumpul sebelum melakukan aksi tanam pohon. IDN Times/Imron

Penanaman pohon di bantaran sungai sepanjang 3.800 meter tersebut memang penting untuk menjaga kelestarian. Meskipun sebenarnya tidak ada kerusakan lingkungan di daerah tersebut.

"Menjaga lingkungan, jangan sampai menunggu rusak parah baru dirawat," ungkapnya.

Baca Juga: Forkopimda Lamongan Kompak Tanam Pohon di Wilayah Langganan Banjir

3. Sejumlah desa juga menanam pohon

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ratusan Pelajar Tuban Tanam PohonSejumlah siswa SMP di Tuban saat melakukan aksi penanaman pohon. IDN Times/Imron

Tak hanya di wilayah bantaran sungai Merakurak saja, kegiatan tanam pohon juga dilakukan di beberapa desa lain. Di antaranya di Desa Tuwiri Wetan, Tuwiri Kulon, dan Desa Senori.

"Ini kegiatan bukan hanya di sini (bantaran sungai). Harapan kami, masyarakat, khususnya Merakurak sadar dan terus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita masing-masing," lanjut Ariyanto.

4. Tanam pohon yang menghasilkan buah

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Ratusan Pelajar Tuban Tanam PohonSiswa SD di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban saat melakukan tanam pohon. IDN Times/Imron

Adapun pohon produktif yang ditanam di bantaran sungai Merakurak adalah pohon kelengkeng, alpukat, dan durian. Jumlahnya ratusan bibit.

"Pohon produktif atau berbuah (yang ditanam). Sebab, hasilnya nanti bisa dirasakan oleh masyarakat banyak. Selain dapat menanggulangi abrasi, (pohon) juga memiliki nilai ekonomis tersendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya