Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Polres Tuban Tanam Ribuan Bibit Pohon

Polisi peduli lingkungan

Tuban, IDN Times - Ratusan polisi dan anggota Bhayangkari cabang Tuban, menanam seribu pohon di Desa Kapu, Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban, Kamis (2/1). Penanaman pohon dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di wilayah setempat.

"Agar bencana alam itu tak terjadi di Kabupaten Tuban, maka upaya kami untuk mencegahnya dengan cara seribu tanam ini," terang Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono saat dihubungi Jumat pagi (3/1).

1. Tanam pohon merupakan program Kapolri

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Polres Tuban Tanam Ribuan Bibit PohonKapolres Tuban AKBP Nanang Haryono didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Tuban saat melakukan penanaman pohon. IDN Times/Istimewa

Penanaman seribu pohom itu merupakan bagian tindak lanjut dari program Kapolri. Yaitu Polri Peduli Penghijauan. Tujuannya untuk mengurangi dampak pemanasan global.

"Semua tanaman sudah diberi tanda. Mari kita lihat 10 tahun mendatang, pasti akan menjadi pohon-pohon yang tumbuh besar dan dapat menjadikan perubahan di lingkungan Tuban," katanya.

2. Tanam tiga jenis pohon: trembesi, jati, dan kesambi

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Polres Tuban Tanam Ribuan Bibit PohonPolres bersama Perhutani KPH Tuban melakukan tanam pohon. IDN Times/Istimewa

Adapun bibit pohon yang ditanam yakni jati, trembesi, dan pohon kesambi. Nanang telah memerintahkan jajaran polsek untuk turut menanam pohon di wilayah kecamatan masing-masing.

"Ini merupakan awal, selanjutnya kegiatan ini bisa rutin dilakukan di setiap polsek-polsek di jajaran Polres Tuban. Mari kita jaga lingkungan ini dengan baik," ungkapnya.

Baca Juga: Berlibur ke Pantai Sowan Tuban, Wisata Alam hingga Wahana Permainan

3. Kapolres minta bibit pohon yang ditanam bisa terus dirawat

Cegah Banjir dan Tanah Longsor, Polres Tuban Tanam Ribuan Bibit PohonKapolres bersalaman dengan salah satu perwakilan Perhutani KPH Tuban. IDN Times/Istimewa

Selanjutnya, pohon-pohon yang sudah ditanam tersebut, lanjut Kapolres juga perlu dilakukan perawatan agar dapat tumbuh kembang sehingga 10 tahun kedepan pohon yang ditanam dapat dirasakan oleh generasi selanjutnya. "Mari kita bersama-sama menjadikan Tuban Bumi Wali ini menjadi asri, rindang sejuk. Untuk mewujudkan itu kesadaran kita terhadap kepedulian lingkungan mari kita tanamkan sedini mungkin kepada generasi muda dan itu bisa diawali dari diri kita sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Geli tapi Seru, Sensasi Berburu Entung Pohon Jati ala Masyarakat Tuban

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya