Comscore Tracker

Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah Rusak

Aliran listrik juga terputus di sejumlah desa

Bojonegoro, IDN Times- Fenomena hujan es disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Bojonegoro, Sabtu sore (9/11). Angin kencang itu menyebabkan beberap rumah warga rusak parah.

Hingga berita ini ditulis pada Sabtu malam, petugas BPBD Kabupaten Bojonegoro masih mendata lebih rinci total rumah yang rusak. Selain itu, petugas juga masih berupaya membersihkan pohon-pohon yang tumbang.

1. Petugas masih mendata

Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah RusakAngin kencang membuat pohon tumbang ke jalanan. IDN Times/Istimewa

Sekretaris BPBD Kabupaten Bojonegoro Nadif Ulfia mengatakan, pihaknya masih melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga yang rumahnya rusak akibat terjangan angin kencang.

"Petugas kami di lapangan masih mendata mas, dan saya belum menerima laporan berapa jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan. Informasi awal ada dua rumah roboh, tapi kami belum mengerti di wilayah kecamatan mana itu," terangnya saat dikonfirmasi IDN Times.

2. Aliran listrik di beberapa wilayah juga terputus

Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah RusakAngin kencang membuat pohon tumbang dan mengenai kabel PLN. IDN Times/Istimewa

Angin kencang yang melanda Bojonegoro juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang mengenai kabel PLN. Hal itu berdampak pada terputusnya aliran listrik. Suasana gelap gulita pun menyelimuti beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro pada Senin malam.

"Aliran listrik juga mati karena banyaknya pohon tumbang dan menimpa kabel PLN, untuk wilayah yang terdampak listrik mati Jalan Veteran, Ahmad Yani, Gajah Mada msh gelap," tambahnya.

Baca Juga: Satu Rumah Ambruk dan Belasan Rusak akibat Diterjang Angin Kencang  

3. Hujan es terjadi dibeberapa wilayah

Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah RusakAngin kencang membuat sejumlah pohon tumbang ke jalan. IDN Times/Imron

Sementara fenomena hujan es terjadi di beberapa wilayah. Di antaranya Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk; Kelurahan Jetak dan Jalan Gajah Mada, Kecamatan Bojonegoro.

Ulfia menjelaskan, sebelum peristiwa hujan es melanda, terjadi gumpalan awan hitam di langit Bojonegoro. Tak berlangsung lama, akhirnya hujan es itu turun. "Mendung hitam sekali, kemudian hujan es yang disertai dengan angin kencang," imbuhnya.

4. Masyarakat diminta untuk tetap waspada

Bojonegoro Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Beberapa Rumah RusakAngin kencang membuat pohon tumbang ke jalanan. IDN Times/Istimewa

Atas musibah tersebut, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Bojonegoro agar tetap berhati-hati. Biasanya pergantian musim kemarau ke musim hujan memang sering terjadi angin kencang dan hujan lebat.

"Kami minta masyarakat tetap berhati-hati, karena sudah memasuki musim penghujan. Saya mohon kesadaran warga untuk membantu petugas, secara mandiri melakukan pembersihan pohon, karena jumlah petugas juga terbatas," pungkasnya.

Baca Juga: Korsleting Listrik, Tiga Rumah di Bojonegoro Hangus Terbakar  

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya