Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di Tuban

Terjunkan satgas untuk pantau penyaluran BBM bersubsidi

Tuban, IDN Times- Kabupaten Tuban sempat mengalami krisis solar. Beberapa SPBU bahkan sempat berhenti melayani pembelian solar. Akibatnya, antren kendaraan, khususnya truk sempat mengular di luar SPBU.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pertamina menambah suplai solas sekitar 20 persen di sejumlah SPBU yang ada di Tuban. Unit Manager Communication Relations, dan CSR Pertamina MOR V Rustam Aji mengatakan, penambahan BBM diprioritaskan untuk jalur yang memiliki kepadatan cukup tinggi.

"Jadi penyaluran bio solar dari terminal BBM Tuban yang kita lakukan kemarin sebanyak 1.384 kiloliter,ditambah 23.5 persen dari normal 1.120 kiloliter per hari," katanya.

1. Pertamina turunkan satgas

Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di TubanSalah satu SPBU di Kabupaten Tuban tidak melayani pembelian BBM karena pasokan berkurang. IDN Times/Imron

Untuk memastikan pemerataan penyaluran dan percepatan distribusi BBM ke masyarakat, Pertamina juga menerjunkan tim satuan tugas (satgas). Tim ini memonitor langsung kondisi di lapangan. Sehingga apabila terjadi kelangkaan dan keterlambatan pengiriman, Pertamina bisa langsung menindaklanjutinya.

"Termasuk upaya kami menerjunkan tim khusus yang mengawasi suplai BBM di sejumlah SPBU di Kabupaten Tuban," terangnya.

2. Juga awasi distribusi BBM bersubsidi

Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di TubanPara sopir truk terpaksa memarkir kendaraan mereka, sambil menunggu kiriman pasokan BBM di SPBU. IDN Times/Imron

Tim tersebut juga akan mengawasi penyaluran BBM bersubsidi. Selama ini, masih banyak masyarakat mampu yang justru menikmati BBM bersubsidi.

"Kenyataan di lapangan memang masih banyak masyarakat yang notabenenya mampu secara ekonomi tapi masih mengunakan BBM bersubsidi," lanjutnya.

Baca Juga: Solar Langka, Sopir Truk Sampai Menunggu 24 Jam di SPBU Tuban

3. Pengunaan BBM bersubsidi diatur dalam Perpres

Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di TubanTerlihat lengang, salah satu SPBU di Kabupaten Tuban ini tak melayani pembelian BBM karena pasokan berkurang. IDN Times/Imron

Rustam menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014,  BBM tertentu, termasuk solar bersubsidi hanya diperuntukkan bagi industri rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi dan pelayanan umum. Juga kendaraan pribadi dengan kapasitas mesin atau cc yang kecil. "Masyarakat golongan mampu, agar menggunakan BBM non subsidi yang ketersediaannya memang lebih banyak," tegasnya.

4. Antrean kendaraan di SPBU sudah terurai

Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di TubanPasokan BBM berkurang, SPBU di Kabupaten Tuban berhenti melayani pembelian. IDN Times/Imron

Berdasarkan pantauan IDN Times, antrean di sejumlah SPBU yang ada di Tuban sudah mulai teruarai, Minggu (17/11). Termasuk SPBU yang berada di jalur pantura.

Hal tersebut juga diamini oleh Rustam. "Laporan tim di lapangan, pasokan BBM jenis solar aman dan kepadatan yang terjadi beberapa waktu lalu sudah mulai berkurang," pungkasnya.

Baca Juga: Kursi Panas Dirut Pertamina, Ahok Harus Belajar dari Tiga Kasus Ini

Topik:

  • Dida Tenola
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya