Tak Pakai Helm Saat Daftar ke KPU, Wakil Ketua DPRD Tuban Kena Tilang

Motornya juga tidak dilengkapi kaca spion 

Tuban, IDN Times - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Imam Sutiono akhirnya dikenai denda tilang. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Tuban ini diduga melanggar Pasal 285 (1) dan 291(1) karena tidak menggunakan helm saat mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada Minggu (14/5/2023), lalu.

1. Tidak memakai helm dan motor tak ada spion

Tak Pakai Helm Saat Daftar ke KPU, Wakil Ketua DPRD Tuban Kena TilangWakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban Imam Sutiono. Dok Istimewa

Selain tidak memakai helm saat daftar ke KPUD, Imam Sutiono juga memakai motor yang tidak dilengkapi dengan dua kaca spion. Dalam gambar yang beredar, Imam Sutiono berkendara menggunakan motor dengan membonceng seorang wanita dan berada di barisan paling depan disusul sejumlah massa dari partai kader Demokrat di belakang.

Sementara berdasarkan informasi yang diterima, Imam hari ini, Kamis (18/5/2023) baru dilakukan penilangan karena pasca kejadian itu ia sedang berada di luar kota.

2. Imam datang langsung ke Polres untuk ditilang

Tak Pakai Helm Saat Daftar ke KPU, Wakil Ketua DPRD Tuban Kena TilangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Usai aksinya tidak memakai helm viral di media sosial, Imam Sutiono pun akhirnya angkat bicara. Dalam keterangan video yang diterima IDN Times, Imam mendatangi Mapolres Tuban layaknya seperti masyarakat pada umumnya yakni ditilang.

"Jadi saya akhir-akhir ini sering dibahas oleh para netizen terkait saya berkendara tidak memakai helm dan hari ini saya seperti masyarakat pada umumnya dilakukan penilangan," kata Imam.

Baca Juga: Polri: Tilang Manual Masih Diperlukan

3. Imam berharap masyarakat menaati lalulintas

Tak Pakai Helm Saat Daftar ke KPU, Wakil Ketua DPRD Tuban Kena TilangIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Imam juga meminta maaf kepada masyarakat Tuban khususnya dan jajaran Satlantas Polres Tuban terkait tindakannya yang tidak memakai helm saat berkendara. Selain itu Imam Sutiono juga mengimbau kepada masyarakat Tuban agar selalu taat dalam berkendara.

"Kami juga meminta maaf kepada masyarakat terkait perilaku saya dan saya juga berpesan kepada masyarakat agar menaati peraturan," pungkasnya.

Baca Juga: Viral, Gangster di Tuban Konvoi Bawa Celurit dan Pedang

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya