Tergerus Arus Sungai, Jembatan di Bojonegoro Putus

Kini warga harus memutar ke jalan yang kurang bagus

Bojonegoro, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur sebagai wilayah di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro mengakibatkan jembatan yang menghubungkan dua Dusun di Desa Kaliombo putus pada Sabtu (25/3/2023), malam. Akibat putusnya jembatan tersebut sejumlah warga terpaksa harus memutar ke jalan lain untuk mobilitas sehari-hari. Sedangkan jalan alternatif itu juga rusak parah.

1. Saat itu wilayah tersebut sedang diguyur hujan

Tergerus Arus Sungai, Jembatan di Bojonegoro PutusIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Camat Purwosari Dian Rokhmawati Ikhtiyorini mengatakan, jembatan tersebut putus karena tak kuat menahan derasnya arus sungai akibat hujan yang turun saat itu. Saat itu hujan yang turun, kata Dian sangat lebat.

"Ia kemarin malam terjadinya jembatan putus karena tak kuat menahan arus sungai kondisi jembatan tidak bisa dilalui hingga memaksa warga mencari jalan alternatif lain," kata Dian kepada IDN Times, Minggu (26/3/2023).

Baca Juga: Jalan Mirip Puzzle di Bojonegoro Beres, Ini Faktanya!

2. Jembatan putus sudah dilaporkan ke instansi terkait 

Tergerus Arus Sungai, Jembatan di Bojonegoro PutusSebuah jembatan di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro putus diterjang arus sungai. Dok Istimewa

Dian sendiri mengaku tidak tahu persis kapan jembatan itu dibangun. Namun setelah jembatan itu putus ia kemudian melaporkan ke Dinas PU dan Badan Penanggulangan Becanda Daerah (BPBD) Bojonegoro dengan harapan agar jembatan tersebut segera mendapatkan penanganan.

"Sudah kita laporkan langsung kok, pasca jembatan itu longsor. Dan perlu diketahui Desa Kaliombo ini merupakan desa paling ujung dan akses jembatan tersebut hanya beberapa orang saja dari yang tinggal di sejumlah dusun yang lewat," terangnya.

3. Masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrem

Tergerus Arus Sungai, Jembatan di Bojonegoro PutusIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dian menerangkan, hari ini petugas Dinas PU telah melakukan peninjauan di lokasi jembatan yang putus. Untuk pembangunan jembatan itu sendiri masih menunggu rapat koordinasi dengan beberapa instansi terkait.

Sementara bagi masyarakat Purwosari khususnya karena ini dalam masa transisi dari musim hujan ke kemarau maka masyarakat diminta untuk hati-hati dengan cuaca ekstrim yang bisa saja terjadi di wilayahnya masing-masing.

"Tentunya masyarakat jika mengalami terjadinya bencana agar segera mungkin melapor sehingga kita bisa cepat tangani," pungkasnya.

Baca Juga: Beredar Surat Dukungan ke Parpol, ASN Bojonegoro Diperiksa Bawaslu

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya