Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Meninggal

Ia meninggal di Semarang

Batu, IDN Times - Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko meninggal dunia, Kamis (30/11/2023). Ia wafat di Rumah Sakit Karyadi, Semarang. Kabar itu dikonfirmasi oleh beberapa akun media sosial di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

"Keluarga Besar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu turut berduka cita atas meninggalnya Bapak H. Eddy Rumpoko, Wali Kota Batu periode 2007-2017. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis akun Facebook, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. 

Eddy sendiri lahir pada 8 Agustus 1960 di Manado. Ia menjabat sebagai Wali Kota Batu selama dua periode. Periode wali kota pertamanya dijalani pada tahun 2007-2012. Ia pun maju pada pemilihan selanjutnya dan kembali menang.

Namun, pada periode kedua ia terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) kasus korupsi. Eddy divonis 5,5 tahun penjara pada 2019. Ia pun menjalani masa hukuman di Lapas Semarang. Eddy kembali menjadi tersangka korupsi pada tahun 2022. Pada kasus kedua ini ia divonis 7 tahun penjara setelah kasasinya di Mahakamah Agung ditolak.

Jabatan Eddy sebagai Wali Kota Batu sendiri dilanjutkan oleh Wakilnya, Punjul Santoso hingga habis pada tahun 2017. Setelah itu, giliran sang istri, Dewanti Rumpoko yang menang pada Pilkada Batu. Ia pun menjabat pada periode 2017-2022.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya