Comscore Tracker

Gempa Susulan Kembali Guncang Jember, Berkekuatan 5,3 M

Stay safe semua

Surabaya, IDN Times - Gempa susulan berkekuatan 5,3 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Jember, pada Selasa (6/12/2022). Gempa terjadi pada pukul 17.22 WIB dengan pusat gempa berada di 10.58 LS-113.41 BT dengan kedalaman 
10 kilometer.

Lokasi gempa sendiri berada di 266 km barat daya Jember atau 272 kilometer Tenggara Lumajang. "Gempa ini tidak berpotensi Tsunami," cuit akun Twitter BMKG Juanda. 

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Jember dengan kekuatan magnitudo 6,2, Selasa (6/12/2022). Gempa tersebut terjadi pukul 13.07 WIB. Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 297 Km Barat Daya Kabupaten Jember.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan, Suwarto mengatakan, gempa bumi dangkal ini akibat adanya deformasi/patahan batuan di zona outerise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).
 
Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung dengan skala intensitas III MMI, daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI, daerah Madiun, Ponorogo, Bantul,  Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI.

Baca Juga: Terjadi 2 Gempa Susulan Pascagempa 6,0 Guncang Jember

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya