Comscore Tracker

Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki Pemilik

Pernah ketipu juga?

Surabaya, IDN Times - Seorang pelanggan layanan antar makanan di Kota Surabaya membongkar kedok restoran-restoran palsu. Restoran ini menggunakan nama menu makanan terkenal untuk mengecoh pembelinya. Padahal, makanan yang dijual jauh dari ekspektasi yang diberikan. Bahkan, dalam satu restoran, terdapat 7 buah handphone yang diduga digunakan untuk membuat 14 akun dalam merchant ojek online (ojol).

1. Warganet di Instagram membongkar kedok restoran abal-abal

Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki PemilikTangkapan kayar dari video viral instagram.com

Pembongkaran kedok ini dilakukan oleh salah satu akun Instagram @k*****a. Ia merekam video saat melabrak kedai yang disebut sebagai abal-abal itu. Awalnya, ia memesan pecel seharga Rp95 ribu untuk 5 porsi. Namun, barang yang datang ternyata jauh dari foto yang diberikan. Merasa kesal, ia pun mendatangi warung tersebut. Ternyata, warung yang ia datangi bukan restoran seperti yang tercantum pada aplikasi ojol. Bahkan, menurutnya, warung ini terkesan tidak profesional.

"Kelihatannya makanannya enak-enak. Tapi datangnya kayak gini. Harganya juga gak masuk akal," ujarnya dalam video yang diterima IDN Times, Jumat (11/6/2021).

2. Satu warung diduga punya 14 akun merchant ojol

Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki PemilikTangkapan kayar dari video viral instagram.com

Saat mendatangi warung itu, perekam video tidak menemukan restoran seperti pada umumnya dengan lokasi makan. Yang ia lihat adalah rumah dengan sebuah meja di pintu yang sedikit tertutup. Ia mengatakan bahwa lokasi warung dan dapur itu jorok. Selain itu, ia juga melihat ada 7 handphone berjejer yang diduga memiliki 2 merchant ojol di masing-masing handphone.

"Saya juga menemukan beberapa restoran dengan nama yang berbeda tapi alamatnya sama, ya di sini ini. Dia juga pakai nama restoran yang terkenal-terkenal seperti Pecel Dharmahusada sama Bebek Purnama," tuturnya kepada IDN Times.

3. Polisi mulai selidiki warung abal-abal

Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki PemilikTangkapan kayar dari video viral instagram.com

Video ini kemudian menjadi viral dan direspon oleh ratusan warganet saat diunggah kembali oleh akun @_sadfood. Setelah viral, video ini sampai ke telinga Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Arief Ryzki. Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai menyelidiki kasus tersebut.

"Baru monitor tadi pagi. Sedang kita lidik ini," ungkap Arief saat dikonfirmasi IDN Times.

4. Polisi berusaha hubungi korban

Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki PemilikTangkapan kayar dari video viral instagram.com

Saat ini, Arief berusaha untuk menghubungi pemilik akun @k*****a. Ia tak bisa menindaklanjuti kasus tersebut jika tak ada laporan dari korban secara langsung. Pasalnya, perkara perlindungan konsumen ini termasuk delik aduan yang tak bisa menggunakan laporan polisi tipe a.

"Ini kita sudah berusaha hubungi korban. Kita butuh laporan langsung," pungkasnya.

Baca Juga: Buntut Viral Mahalnya Pecel Lele di Malioboro, 3 Warung Ditutup

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya