Comscore Tracker

Usai Bom Medan, Polisi di Surabaya Siaga Penuh untuk Antisipasi Teror

Rumah ibadah dan pusat perbelanjaan dijaga ketat

Surabaya, IDN Times - Aksi bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan membuat kepolisian di Surabaya siaga penuh. Mereka tidak ingin ada aksi serupa di Kota Pahlawan. Sejumlah objek vital dan pusat perbelanjaan pun dijaga ketat.

1. Surabaya siaga penuh

Usai Bom Medan, Polisi di Surabaya Siaga Penuh untuk Antisipasi TerorWakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simamarta. IDN Times/Fitria Madia

Peningkatan pengamanan ini disampaikan oleh Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simamarta. Leo mengatakan bahwa saat ini Polrestabes Surabaya berstatus siaga penuh. Ia memerintahkan jajarannya untuk menjaga keamanan Kota Surabaya dengan teliti.

"Kita sudah memberlakuan untuk saat ini siaga penuh di jajaran kita. Kita juga sudah beri petunjuk arahan kepada jajaran untuk meningkatkan keamanan," ujarnya ketika ditemui di Mapolrestabes Surabaya, Rabu siang (13/11).

2. Pengamanan rumah ibadah diperketat

Usai Bom Medan, Polisi di Surabaya Siaga Penuh untuk Antisipasi TerorWakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simamarta. IDN Times/Fitria Madia

Pengamanan ini pun tak hanya dilakukan di markas-markas polisi. Leo juga menginstruksikan peningkatan keamanan di rumah-rumah ibadah. Hal ini mengingat lokasi bom bunuh diri Surabaya pada 2018 silam terjadi di gereja-gereja.

"Kita lakukan tidak hanya di kantor polisi, khususnya di tempat ibadah seperti masjid, gereja, pura, klenteng, vihara, dan pusat perbelanjaan," sebutnya.

Baca Juga: Mahfud MD Minta Jaringan Pelaku Bom Medan Dicari Sampai Tuntas

3. Pusat perbelanjaan juga diamankan

Usai Bom Medan, Polisi di Surabaya Siaga Penuh untuk Antisipasi TerorTampak dua personel melakukan penjagaan di depan Mapolrestabes Surabaya usai ledakan bom di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11). IDN Times/Fitria Madia

Tak hanya itu, Leo juga meminta petugas keamanan di pusat perbelanjaan untuk meningkatkan keamanan mereka. Aparat kepolisian juga dikirim untuk membantu pengamanan tersebut.

"Kita sudah sampaikan ke jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga membantu dari petugas pengamanan satuan pengamanan di perbelanjaan," tutur mantan Kapolres Batu tersebut.

4. Berlaku hingga waktu yang belum ditentukan

Usai Bom Medan, Polisi di Surabaya Siaga Penuh untuk Antisipasi TerorPeningkatan penjagaan Mapolrestabes Surabaya usai ledakan bom di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11). IDN Times/Fitria Madia

Leo menuturkan bahwa status siaga ini akan diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Ia masih menunggu analisis kondisi lapangan untuk menentukan kondusivitas Kota Surabaya.

"Sementara kita konsentrasi dulu jadi sementara belum ada batas. Kita siagakan di tempat tempat kesatuan kita," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Bom Mapolres Medan, Pengamanan Polrestabes Surabaya Ditingkatkan

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You