TKD Jatim Klaim Sumbang 51 Persen Kemenangan Jokowi di Nasional

Selisih Jokowi-Ma'ruf di Jatim mencapai 7,7 juta

Surabaya, IDN Times - Usai rekapitulasi tingkat Provinsi Jawa Timur rampung, Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Timur menggelar tasyakuran, Sabtu (11/5) lalu. Mereka mengklaim menyumbang kemenangan Jokowi-Ma'ruf tingkat nasional sebesar 51 persen.

1. Jokowi-Ma'ruf unggul 7,7 juta suara di Jatim

TKD Jatim Klaim Sumbang 51 Persen Kemenangan Jokowi di NasionalIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin, mengaku bersyukur atas perolehan kemenangan tersebut. Dengan bekal suara 16.231.668, Jokowi-Ma'ruf memenangkan Jatim sebesar 65,79 persen.

"Alhamdulillah TKD Jawa Timur dapat memperjuangkan Pak Jokowi sehingga terpilih kembali dengan perolehan 65,7 persen. Kalau dihitung ini selisih 7,7 juta suara dengan pihak 02," ujar Machfud di Posko TKD Jatim, Sabtu (11/5).

Baca Juga: Rekapitulasi Rampung, Jokowi-Ma'ruf Unggul 65,79 persen di Jatim

2. Jatim menyumbangkan 51 persen kemenangan nasional

TKD Jatim Klaim Sumbang 51 Persen Kemenangan Jokowi di NasionalANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Machfud menambahkan bahwa kemenangan di Jatim merupakan penyumbang kemenangan nasional sebesar 51 persen. Hal ini berdasarkan perhitungan di Situng KPU sementara yang menyatakan selisih suara Jokowi-Ma'ruf dengan Prabowo-Sandiaga yaitu 14 juta suara.

"Ini menjadi kontribusi yang sangat luar biasa buat kemenangan Pak Jokowi secara nasional kalau dihitung kemenangan KPU sementara kita 14 juta. Berarti kita bisa memberikan kontribusi 7,7 juta atau 51 persen untuk Pak Jokowi dari Jawa Timur," jelasnya.

3. Sudah maklum tumbang di 6 daerah

TKD Jatim Klaim Sumbang 51 Persen Kemenangan Jokowi di NasionalTwitter/@KSPgoid

Jokowi-Ma'ruf diketahui unggul di 32 kabupaten/kota. Sementara ia tumbang dari Prabowo-Sandiaga di 6 kabupaten yaitu Pacitan, Situbondo, Bondowoso, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Machfud mengungkapkan, hal tersebut memang sudah diprediksi.

"Itu memang sudah basisnya Pak Prabowo di Madura, Pacitan, Situbondo, Bondowoso. Tapi masih lumayan saat ini Bangkalan sudah kita dapatkan di sana," ungkap Machfud.

4. Dalam acara tasyakuran TKD berikan santunan pada keluarga KPPS yang meninggal

TKD Jatim Klaim Sumbang 51 Persen Kemenangan Jokowi di NasionalIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Atas kemenangan tersebut, TKD pun melakukan acara tasyakuran di poskonya. Dalam acara tersebut TKD juga memberikan santunan kepada keluarga KPPS yang meninggal dunia selama Pemilu berlangsung.

"Ini bentuk kepedulian kita, empati terhadap pejuang demokrasi yang sudah sangat rela sehingga harus meregang nyawa ini. Tuhan sudah berkehendak lain kita berharap kita doakan mudah-mudahan tempat mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya," tutup Machfud.

Baca Juga: Banyak Ruginya, Perludem Sebut Pemilu 2019 sebagai Borongan

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya