Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites Massal

Upaya deteksi dini COVID-19

Surabaya, IDN Times - Upaya pencegahan penularan COVID-19 usai libur panjang dengan menerjunkan Tim Swab Hunter telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Dari perburuan tersebut, sebanyak 625 orang telah mengikuti tes swab massal gratis sebagai bentuk deteksi dini infeksi COVID-19.

1. 625 orang dites swab

Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites MassalKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhtiya Prajantara menyebutkan bahwa 625 orang tersebut adalah jumlah dari 9 kecamatan yang berada di pinggiran Kota Surabaya. 9 kecamatan tersebut dipilih lantaran berbatasan langsung dengan daerah lain seperti Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

"Dari Swab Hunter yang sudah kami lakukan, total 625 warga yang terjaring. Semua sudah dites swab," ujar Febri saat dihubungi IDN Times, Jumat (6/11/2020).

2. Pengendara luar kota dan warga sekitar

Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites MassalPixabay/Alexandra_Koch

625 orang tersebut terdiri dari pengendara yang datang dari arah luar kota menuju Surabaya. Umumnya yang diberhentikan dan diminta untuk langsung swab adalah mereka yang tak bermasker. Penduduk sekitar di kecamatan tersebut juga diminta untuk ikut dalam tes swab.

"Ini upaya pencegahan kami karena kasus COVID-19 di Surabaya kan sudah melandai. Jangan sampai naik lagi," tutur Febri.

Baca Juga: Cegah COVID-19 Usai Libur Panjang, Swab Hunter Bergerilya di Surabaya

3. Hasil diperkirakan keluar besok

Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites MassalIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

625 orang tersebut sudah mengikuti tes swab massal di lokasi yang ditentukan saat itu juga. Febri mengatakan bahwa spesimen mereka sedang diuji di Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Surabaya. Diperkirakan, hasilnya bisa didapatkan pada Sabtu (7/11/2020).

"Ini kan sudah sejak Rabu (4/11/2020). Kurang lebih 3 hari sudah bisa keluar hasilnya. Nanti akan diterima oleh yang bersangkutan masing-masing," ungkapnya.

Sedangkan, sembilan kecamatan yang menjadi sasaran Swab Hunter adalah Kecamatan Karang Pilang, Kecamatan Rungkut, Kecamatan Gunung Anyar, Kecamatan Pakal, Kecamatan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kecamatan Siwalankerto, Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Benowo dan Kecamatan Jambangan.

Tim Swab Hunter Sasar Perbatasan Surabaya, 625 Orang Dites MassalInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Khofifah Perintahkan Tim COVID-19 Hunter Jemput Pasien Isolasi Mandiri

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya