Tiga Pemuda Ketahuan Nyolong Besi Gorong-gorong di Surabaya

Padahal merugikan warga banget tuh

Surabaya, IDN Times - Gorong-gorong memiliki fungsi penting untuk mencegah genangan terutama di musim penghujan ini. Sayangnya, sekelompok pemuda malah menjadi komplotan pencurian besi penutup gorong-gorong di Kota Surabaya. Kelakuan mereka terendus polisi saat patroli.

1. Awalnya polisi mencurigai tiga pemuda saat patroli

Tiga Pemuda Ketahuan Nyolong Besi Gorong-gorong di SurabayaPexels.com

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Mirzal Maulana menjelaskan, kelakuan komplotan ini berhasil ketahuan oleh Tim Respatti pada Jumat (19/11/2021) dini hari. Saat itu, Tim Respatti tengah berpatroli di sekitar Jalan Raya Darmo. Mereka kemudian melihat tiga pemuda yang mencurigakan di Jalan Marmoyo sekitar pukul 01.15 WIB.

"Karena curiga, Tim Respatti segera menghampiri tiga pemuda tersebut," ujar Mirzal, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Survei Unicef: Anak Muda Percaya Dunia Membaik, Tapi...

2. Malah berusaha kabur saat didekati polisi

Tiga Pemuda Ketahuan Nyolong Besi Gorong-gorong di SurabayaIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat didekati oleh Tim Respatti, para pemuda ini malah ketakutan dan berusaha kabur. Upaya melarikan diri ini kemudian memperkuat kecurigaan para personel kepolisian. Polisi kemudian mengejar pemuda yang kalang kabut ini dan berhasil tertangkap.

"Kemudian dilakukan pemeriksaan badan ke masing-masing pemuda tersebut," lanjut Mirzal.

3. Ternyata mereka baru selesai mencuri besi gorong-gorong

Tiga Pemuda Ketahuan Nyolong Besi Gorong-gorong di SurabayaTim Respatti Polrestabes Surabaya saat menangkap pencuri besi gorong-gorong, Jumat (19/11/2021). (dok. Istimewa)

Polisi juga mengamati sebuah benda panjang tertutup handuk yang ditaruh di sisi depan motor para pemuda itu. Setelah dibuka, ternyata benda itu adalah besi-besi penutup gorong-gorong. Para pemuda ini rupanya baru selesai mengeksekusi aksi pencurian besi gorong-gorong.

"Tiga pemuda tersebut mengakui bahwa baru saja melakukan aksi pencurian besi penutup gorong-gorong di depan Indomaret Jalan Arjuna sekitar pukul 00.30 WIB," sebut Mirzal.

4. Mengaku sering mencuri besi penutup gorong-gorong di Surabaya

Tiga Pemuda Ketahuan Nyolong Besi Gorong-gorong di SurabayaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah diinterogasi lebih lanjut, ternyata mereka mengaku sering mencuri besi penutup gorong-gorong di Surabaya. Hal ini tentunya merugikan masyarakat karena sampah tidak dapat dicegah dan malah masuk ke saluran yang berujung banjir ketika hujan tiba.

Ketiga pemuda ini adalah Aditya Pratama (23) asal Bojonegoro, M Ainun Iqbal (19) asal Bojonegoro, dan Heri Susilo (25) asal Surabaya.

"Selanjutnya mereka ditahan di Mako Polrestabes Surabaya untuk diproses lebih lanjut. Mereka terancam dikenakan Pasal 363 KUHP," pungkas Mirzal.

Baca Juga: Resep Membuat Sate Klopo Khas Surabaya, Gurihnya Juara Banget! 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya