Tiga Muncikari Sidang Hari Ini, Akankah Pengguna Jasa VA Akan Datang?

Belum ada konfirmasi atas kehadirannya

Surabaya, IDN Times - Tiga muncikari kasus prostitusi daring akan menjalani sidang lanjutan pada Senin (8/4) di Pengadilan Negeri Kota Surabaya. Mereka adalah ES, TN, dan N yang bekerja sama dengan tugas masing-masing dalam menjalankan bisnis layanan seks komersial melibatkan kalangan artis dan model. Agenda sidang kali ini masih mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum.

1. ES akan disidang hari ini

Tiga Muncikari Sidang Hari Ini, Akankah Pengguna Jasa VA Akan Datang?IDN Times/Sukma Shakti

Pada sidang sebelumnya, terdakwa ES batal mengikuti proses persidangan. Pasalnya, kuasa hukum terdakwa mengaku keberatan atas surat penetapan tersangka yang tidak dilampirkan dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP). Namun kali ini ES akan kembali hadir di hadapan meja hijau.

"Iya (hadir). Nanti jadwalnya pukul 14.00 WIB," ujar kuasa hukum ES, Franky Waruwu melalui pesan singkat kepada IDN Times, Senin (8/4).

Baca Juga: Dakwaan Muncikari Sebut VA Dipesan Menteri, Pengacara Mengaku Tak Tahu

2. Panggil 5 saksi

Tiga Muncikari Sidang Hari Ini, Akankah Pengguna Jasa VA Akan Datang?IDN Times/Fitria Madia

Pada persidangan kali ini, kejaksaan kembali memanggil 5 saksi yang semula dipanggil minggu lalu (1/4). Pasalnya dari 5 saksi hanya satu yang datang yaitu VA, seorang artis yang dijajakan oleh para muncikari.

"Kita panggil lagi sekitar 4 sampai 5. Sama seperti kemarin," ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Richard Marpaung saat dihubungi IDN Times, Senin (8/4).

3. Minggu lalu penyewa VA tidak hadir di pengadilan

Tiga Muncikari Sidang Hari Ini, Akankah Pengguna Jasa VA Akan Datang?IDN Times/Sukma Shakti

Satu nama saksi yang ditunggu-tunggu publik adalah RS, pengusaha yang memesan jasa VA dan berani merogoh kocek Rp80 juta untuk kencan selama beberapa jam. Nama RS sudah disebut sebagai saksi namun ia tak nampak hadir di persidangan lalu.

"Belum ada konfirmasi kehadiran. Tapi ini kan baru panggilan yang pertama. Tanggal 8 besok akan kita panggil kembali," terang Jaksa Penuntut Umum, Novan Arianto seusai persidangan (1/4).

4. RS belum mengkonfirmasi kehadiran

Tiga Muncikari Sidang Hari Ini, Akankah Pengguna Jasa VA Akan Datang?IDN Times/Sukma Shakti

 

Namun rupanya, pemanggilan RS tak lagi berbuah hasil. Pihak Kejati belum menerima konfirmasi apakah RS akan hadir atau tidak. Padahal mereka telah meminta bantuan kepada penyidik Polda Jatim agar dapat menghubungi RS.

"Belum ada konfirmasi. Tapi kami sudah minta tolong kepada penyidiknya dari Polda Jatim," terang Richard.

RS sejatinya dapat mengungkap bagaimana jalannya bisnis prostitusi online yang melibatkan artis dan model tersebut. Melalui bisnis ini, ketiga muncikari terancam pasal berlapis yaitu Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca Juga: Dakwaan Muncikari Sebut VA Dipesan Menteri, Pengacara Mengaku Tak Tahu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya