Tiga Kampus Negeri di Surabaya Siap Tampung Mahasiswa Untad Palu

Jangan patah semangat belajarnya ya kawan!

Surabaya, IDN Times - Bencana gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah memang menghancurkan segala lini kehidupan. Salah satu yang paling terdampak tentu saja pendidikan tinggi. Para mahasiswa di Universitas Tadulako (Untad) Palu misalnya. Mereka tak bisa kuliah lantaran kampus mereka diterjang gempa.

Untuk itu, beberapa universitas negeri di Surabaya menyatakan kesediaannya untuk membantu para mahasiswa Untad melanjutkan pendidikan sembari menunggu renovasi.

1. ITS siapkan asrama untuk mahasiswa Untad

Tiga Kampus Negeri di Surabaya Siap Tampung Mahasiswa Untad Paluits.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) juga menyatakan siap menerima mahasiswa Untad. Melalui keterangan tertulis, Rektor ITS, Joni Hermana menuturkan bahwa ide tersebut berawal dari grup Whatssapp para rektor. Kala itu, Rektor Untad Muhammad Basir mengatakan bahwa seluruh fasilitas di kampus Untad rusak sehingga proses pembelajaran terpaksa berhenti total. 

“Saya mengatakan kepada Rektor Untad, kalau misalnya kondisinya seperti itu, sambil menunggu proses pemulihan bangunan bagaimana kalau mahasiswanya dititipkan di ITS?” ujarnya, Rabu (4/10).

Akhirnya usulan tersebut disambut baik. Para mahasiswa Untad dapat belajar sementara di ITS. Pihak ITS juga akan menyediakan asrama untuk tempat tinggal para mahasiswa tersebut. "Bahkan kalau mereka kekurangan biaya, maka kita (ITS,red) akan berikan uang saku. Paling tidak sembari menunggu proses revitalisasi infrastruktur kampus, mereka akan kuliah di ITS selama satu semester," imbuhnya.

Terkait sistem pembelajaran, Nasir menegaskan agar para mahasiswa tersebut mengambil prodi yang sesuai dengan pendidikan yang sedang mereka tempuh di Untad. "Jadi nilai mereka di ITS akan disetarakan di kampus mereka dengan sistem transfer kredit saja,” tuturnya.

2. Unair akan berikan keringanan biaya kuliah

Tiga Kampus Negeri di Surabaya Siap Tampung Mahasiswa Untad PaluInstagram.com/@univ_airlangga

Senada, Universitas Airlangga juga menyatakan bersedia menerima mahasiwa Untad sesuai dengan prodinya masing-masing. Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih mengatakan bahwa Unair sudah siap untuk menampung para mahasiswa tersebut. "Sembari menunggu kondisi kampus Untad kembali pulih, mahasiswa Untad yang menempuh studi di UNAIR memiliki hak dan kewajiban yang sama," terangnya dalam siaran Pers, Jumat (5/10).

Untuk beban biaya kuliah, Nasih meminta mahasiswa Untad untuk membuat surat permohonan keringanan biaya studi di Unair. Untuk tempat tinggal, pihak pimpinan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR siap memberikan akses tempat tinggal sementara bagi mahasiswa Untad selama studi di UNAIR. "Mahasiswa Untad yang ingin studi ke UNAIR, bisa langsung menghubungi pihak Direktorat Pendidikan UNAIR," tuturnya.

Baca Juga: UNESA Jamin Fasilitasi Mahasiswa Difabel Sampai Lulus

3. Mahasiswa Untad bisa kuliah gratis di Unesa

Tiga Kampus Negeri di Surabaya Siap Tampung Mahasiswa Untad Palufbs.unesa.ac.id

Kabar baik tersebut juga datang dari universitas keguruan, Universitas Negeri Surabaya. Rektor Unesa yang baru dilantik tahun ini, Nurhasan menyatakan kesanggupan menerima mahasiswa dari Untad. Seluruh biaya pendidikan pun tidak akan dibebankan kepada mahasiswa tersebut. "Semuanya gratis. Akomodasi juga disiapkan di asrama mahasiswa," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Jumat (5/10).

Nurhasan pun menyarankan para mahasiwa tersebut untuk segera mendaftarkan diri di Unesa agar pendidikan dapat dilanjutkan. "Langsung ke Bu Yuni Warek (wakil rektor) 1 di (gedung rektorat) lantai 7, ya," pesannya.

Baca Juga: Kerugian Gempa Palu Ditaksir Lebih dari 10 Triliun 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya