Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang Nenek

Risma tak mau generasi bangsa rusak karena lem

Surabaya, IDN Times -  Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, kaget saat menerima kabar bahwa ditemukan lagi anak-anak yang mabuk lem, Senin (19/11). Setelah mendengarkan hal ini dari awak media saat melakukan jumpa pers di ruang kerjanya, Risma langsung turun menemui kelima anak tersebut yang saat itu masih berada di Mako Satpol PP Surabaya.

Baca Juga: Duh, 5 Bocah di Surabaya Terciduk Bolos Sekolah dan Ngelem

1. Risma menginterogasi tiap anak

Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang NenekIDN Times/Fitria Madia

Kelima anak laki-laki ini tertunduk saat Risma memasuki ruangan. Mereka berpakaian lusuh dan kotor. Beberapa dari mereka pun tidak memakai alas kaki. Risma pun menatap mereka dengan tatapan nanar.

"Kamu darimana, Nak? Hayo ngaku. Gak mungkin cuma dari nonton bola. Orang tua kalian nyariin kalian gak?" tanya Risma yang tidak dijawab oleh anak-anak tersebut.

Akhirnya salah satu anak menyahut. Ia mengaku pergi dari rumah karena ingin berjalan-jalan ke luar kota untuk nonton sepak bola. Alasannya, dia bosan di rumah dan sekolah.

"Kamu kalau mau jalan-jalan sini ikut Satpol PP. Dibawa jalan-jalan keliling kamu. Mau?" lanjut Risma.

2. Ada masalah dibalik kenakalan anak-anak tersebut

Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang NenekIDN Times/Fitria Madia

Risma juga menanyakan alasan mereka melakukan mabuk lem. Risma yakin bahwa di balik perilaku menyimpang tersebut, pasti tersimpan alasan tersendiri terkait masalah keluarga dan juga pendidikan anak tersebut.

"Saya yakin. Pasti mereka ada masalah. Percaya sama saya. Nanti juga mereka akan ngaku. Ini juga pasti mereka anak putus sekolah," ujar Risma kepada awak media.

Benar saja, rupanya dua dari anak tersebut sudah mengalami putus sekolah. Sementara tiga lainnya pun sudah sering tidak masuk sekolah. Selain itu, anak-anak itu juga memiliki masalah keluarga seperti orang tua yang tidak bekerja atau pun yang telah meninggal.

Baca Juga: Penuh Kharisma, 5 KPop Idol Ini Berdarah Jepang Lho!

3. Risma mengajak bicara empat mata masing-masing anak

Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang NenekIDN Times/Fitria Madia

Tak puas mendengarkan jawaban yang hanya setengah-setengah, Risma pun mengajak satu per satu anak itu untuk berbicara empat mata dengannya. Anak pertama yang dipanggil Risma adalah yang memiliki tubuh paling besar dan juga yang dinyatakan positif mengonsumsi narkoba oleh Dinas Kesehatan Surabaya.

Hadir juga beberapa perwakilan dari Pemkot Surabaya antara lain Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A), Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya.

4. Risma sempat akan sujud di kaki nenek-nenek

Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang NenekIDN Times/Fitria Madia

Tak berselang lama datang perwakilan keluarga dan sekolah anak-anak tersebut. Nenek salah satu anak berinisial F bahkan sampai pingsan melihat kelakuan cucunya tersebut.

"Lihat nenek kamu. Dia itu sekolahkan kamu. Cepat sekarang sujud, minta maaf ke nenekmu. Kalau gak mau, biar Ibu saja yang sujud ke nenekmu," ujar Risma sembari berlari ke arah nenek berkerudung ungu.

Sontak seisi ruangan dibuat riuh atas keinginan Risma untuk mencium kaki nenek yang tak hentinya menangis itu. Namun, niat Risma terurungkan lantaran sang nenek pingsan saat Risma mendekatinya.

5. Ditutup dengan rangkulan

Temui 5 Bocah yang Ngelem, Risma Sampai Hendak Cium Kaki Seorang NenekIDN Times/Fitria Madia

Usai segala drama dan tangis menangis yang terjadi, Risma merangkul anak-anak tersebut satu persatu. Ia berpesan kepada anak-anak untuk tidak lagi mengulangi perbuatan ngelem. Alasannya, menurut Risma tindakan itu dapat menjurus ke arah yang lebih berbahaya yaitu kecanduan narkoba.

"Kamu nanti lama-lama kecanduan sabu-sabu. Dapat uang darimana? Ngamen? Gak bisa. Sudah ya, jangan diulangi," pesan Risma.

Sembari meminta semua anak untuk menyentuh tangannya dan membuat formasi seperti tos di atas meja, Risma menekankan sekali lagi kepada anak-anak tersebut untuk tidak mengulangi tindakan ngelem demi masa depan bangsa.

"Kalian harus janji jadi kebanggaan orang tua kalian, jadi kebanggan ibu. Jadi anakku, jangan diulangi lagi, Ya. Janji, Terima kasih," pesan Risma.

Baca Juga: Risma Sebut 'Mlaku-mlaku Nang Tunjungan' sebagai Peninggalan Sebelum Lengser

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya