Tak Cuma Dumbo, Orangutan Bernama Damai Mati di KBS

Damai mati akibat gangguan jantung dan fungsi hati

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi sorotan atas kematian satwa langka dilindungi, Gajah Sumatra Dumbo. Namun, ternyata ada satwa dilindungi lain yang juga mati dalam perawatan KBS di waktu dekat-dekat ini yaitu orangutan.

1. Kematian orangutan di KBS baru terungkap sebulan kemudian

Tak Cuma Dumbo, Orangutan Bernama Damai Mati di KBSpixabay.com/christels

Kematian orangutan ini baru terungkap pada rapat dengar pendapat antara Komisi B DPRD Kota Surabaya dengan Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS pada Senin (27/12/2021). Di rapat tersebut baru lah pihak PDTS KBS mengakui adanya satwa lain yang mati pada November lalu yaitu seeorang orangutan.

"Saya tanya tentang adanya orang utan yang mati, apakah sudah disampaikan ke publik? Pak Dirut ini berkelit meminta BKSDA menjawab, saya kejar terus akhirnya ia mengakui," ujar Wakil Ketua Komisi B Anas Karno.

Baca Juga: Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBS

2. Orangutan bernama Damai mati di usia 10 tahun

Tak Cuma Dumbo, Orangutan Bernama Damai Mati di KBSpixabay.com/christels

Humas PDTS KBS Agus Supangkat pun menjelaskan bahwa seekor orangutan berjenis kelamin betina meninggal pada 28 November lalu. Berbeda dari Dumbo yang masih berusia 2,5 tahun, orangutan bernama Damai tersebut sudah memasuki usia 10 tahun.

"Betul, 28 November yang lalu orangutan Damai jenis kelamin betina umur 10 tahun mati," sebut Agus saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (28/12/2021).

3. Mati karena gangguan jantung dan hati

Tak Cuma Dumbo, Orangutan Bernama Damai Mati di KBSpixabay.com

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa Damai mati akibat penyakit gangguan gangguan jantung dan fungsi hati yang dideritanya. Penyakit ini bukan penyakit menular seperti virus yang diduga menyebabkan Dumbo mati.

"Matinya disebabkan ganguan jantung dan fungsi hati," tutur Agus.

4. Penyebab kematian Dumbo belum terungkap secara resmi

Tak Cuma Dumbo, Orangutan Bernama Damai Mati di KBSGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya.IDN Times/Fitria Madia IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, hingga kini penyebab kematian Dumbo masih belum diungkap secara resmi oleh pihak PDTS KBS. Mereka berdalih masih menunggu hasil autopsi terhadap organ-organ Dumbo. Sedangkan pemerhati satwa menduga Dumbo mati akibat virus herpes gajah yang memang mematikan.

"Masih keluar hasil labnya. Tapi terindikasi terserang Elephant Endotheliotropic Herpes Virus (EEHV)," tutup Agus.

Baca Juga: Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes Langka

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya