"Surabaya Menggugat", Ada Peserta Merapal Mantra di Depan Tengkorak

Ajian jaran goyang ta mas?

Surabaya, IDN Times - Ada pemandangan unik terjadi dalam aksi "Surabaya Menggugat". Terlihat di tengah massa ada sebuh tengkorak yang berputar-putar dan dibisiki seperti sedang merapal mantra. Di sekitar tengkorak tersebut juga terdengar suara-suara aneh.

Rupanya tengkorak melayang itu adalah bagian dari perform art alias penampilan seni yang dilakukan oleh komunitas Noise Jawa Timur. Komunitas yang berisikan para seniman "suara bising" tersebut turut menyuarakan kekecewaannya terhadap pemerintahan.

"Kami ikut menyuarakan tentang demokrasi di Indonesia yang juga dikampanyekan oleh teman-teman aksi hari ini," ujar salah satu performer, Muhamad Aji.

Tengkorak dan penampilan seni komunitas Noise tersebut dilakukan di atas sebuah mobil. Terlihat, sang seniman seperti sedang memantrai tengkorak tersebut. Sesekali ia juga membuat suara bising dari alat instalasi seni yang ada.

Tak hanya tengkorak, ada juga burung elang yang mengepakkan sayapnya disertai suara bising. Beberapa orang sibuk membuat suara-suara bising lainnya menggunakan berbagai macam alat yang mereka sediakan. Tercium juga bau dupa dan kemenyan yang menambah kesan kengerian penampilan tersebut. Massa aksi pun banyak terpaku melihat aksi mereka.

"Ini merupakan aksi protes kami terhadap pemerintah, terhadap DPR RI, sama seperti pedemo lainnya," pungkas Aji.

Baca Juga: [FOTO] Jurnalis Ikut Sampaikan Aspirasi pada Aksi "Surabaya Menggugat"

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya