Surabaya Banjir Lagi, Ini Empat Penyebabnya Versi Pemkot

Mulai curah hujan sampai pompa rusak

Surabaya, IDN Times - Banjir yang melanda Surabaya selama beberapa jam pada Jumat (31/1) petang diduga diakibatkan oleh beberapa faktor. Untuk itu, saat ini Pemerintah Kota Surabaya tengah mengusahakan perbaikan di beberapa tempat agar banjir tak lagi terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat Surabaya direndam banjir semalam.

1. Curah hujan tinggi

Surabaya Banjir Lagi, Ini Empat Penyebabnya Versi PemkotKepala BPB dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Eddy Christijanto menjelaskan, satu faktor utama yang menyebabkan banjir adalah curah hujan tinggi. Eddy mencatat malam itu hujan turun sebesar 130 mm.

"Itu deras sekali. Yang kemarin banjir di Mayjend cuma 110 mm," ujar Eddy saat dihubungi IDN Times, Sabtu (1/2).

2. Ada kenaikan permukaan air

Surabaya Banjir Lagi, Ini Empat Penyebabnya Versi PemkotSeorang pengendara melaju saat banjir di Surabaya, Jumat (31/1). IDN Times/Fitria Madia

Selain curah hujan deras, Eddy menyebut berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) air laut saat itu tengah pasang. Hal ini tentu mempengaruhi aliran air di Kota Surabaya mengingat posisinya yang berada di beberapa meter saja di atas laut.

"Sekitar pukul 14.00 WIB itu data yang kami dapatkan naik 3,5 feet. Jadi air yang di daratan menggenang," lanjutnya.

3. Satu pompa air rusak

Surabaya Banjir Lagi, Ini Empat Penyebabnya Versi PemkotBeberapa kendaraan terjebak macet di Surabaya, akibat banjir Jumat (31/1) malam. IDN Times Fitria Madia

Malam itu, rupanya ada salah satu pompa air yang rusak. Berdasarkan data dari Dinas PU, Bina Marga, dan Pematusan, pompa rusak berada di Gunungsari. Untuk mengatasi itu, Pemkot menerjunkan mobil pemadam kebakaran agar dapat menyedot air genangan.

"Lumayan terbantu dengan mobil PMK (pemadam kebakaran). Sudah bisa lumayan surut dalam beberapa jam," tuturnya.

Baca Juga: Surabaya Diguyur Hujan Deras 2 Jam, Banjir Masuk Rumah-rumah Warga

4. Adanya endapan dan sampah di saluran

Surabaya Banjir Lagi, Ini Empat Penyebabnya Versi PemkotBeberapa kendaraan terjebak macet di Surabaya, akibat banjir Jumat (31/1) malam. IDN Times Fitria Madia

Ketika Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir, Eddy juga menemukan beberapa titik saluran drainase yang buntu akibat endapan serta sampah. Saluran-saluran tersebut di Jalan Ciliwung, Jalan Opak, Jalan Wonokromo dan lainnya. Ada juga saluran yang tertutup akibat bangunan-bangunan liar.

"Kami langsung menurunkan 2 alat berat untuk mengeruk endapan dan sampah. Bangunan-bangunan liar yang untuk PKL juga dibongkar. Pukul 23.00 WIB sudah surut di Wonokromo," pungkasnya.

Baca Juga: Didik, Sopir Ojek yang Antarkan Makan Meski Motor Mogok Kena Banjir

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya