Sambut New Normal, Unair Pastikan Kesiapan RSUA Tangani COVID-19

Semoga tidak ada lagi nakes yang terjangkit COVID-19

Surabaya, IDN Times - Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) sudah melakukan penataan internal selama dua pekan sejak ditemukannya beberapa tenaga kesehatan yang positif COVID-19 sekaligus pada Selasa (26/5). Kini RSUA sudah siap untuk kembali menerima pasien rujukan COVID-19 sekaligus menyambut new normal life di Kota Surabaya dan sekitarnya.

1. Unair memulai persiapan new normal life dari RSUA

Sambut New Normal, Unair Pastikan Kesiapan RSUA Tangani COVID-19Ilustrasi New Normal (IDN Times/Arief Rahmat)

Rektor Unair Prof. Nasih menjelaskan, persiapan new normal di RSUA menjadi pijakan untuk lembaga-lembaga lain di lingkungan Unair. Untuk itu pihaknya saat ini berfokus dalam persiapan Unair menyambut new normal.

"Ini bisa menjadi pijakan agar ke depan penerapan normal baru bisa diikuti dan dilaksanakan dengan baik di seluruh lingkungan Unair," ujar Nasih melalui siaran pers Humas Unair, Senin (8/6).

2. Layanan pasien COVID-19 dipusatkan di RSKI

Sambut New Normal, Unair Pastikan Kesiapan RSUA Tangani COVID-19Rektor Unair Prof Nasih. IDN Times/Fitria Madia

Penerapan normal baru di RSUA dimulai dengan memberikan layanan terpisah antara pasien umum non COVID-19 dan pasein COVID-19. Per tanggal 8 Juni 2020, Nasih menetapkan secara resmi dan penuh penanganan pasien COVID-19 dilakukan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) yang terletak di sebelah timur RSUA.

"Hal itu juga didukung dengan akses dan parkir yang terpisah antara pasien umum di RSUA dan pasien COVID-19 di RSKI," imbuhnya.

3. Tersedia ratusan tempat tidur

Sambut New Normal, Unair Pastikan Kesiapan RSUA Tangani COVID-19Rektor Unair Prof Mohammad Nasih (tengah) saat konferensi pers perkembangan Covid-19, Rabu (1/4). IDN Times/Fitria Madia

Untuk optimalisasi layanan pasien COVID-19, di RSKI terdapat beberapa fasilitas juga telah disiapkan seperti 145 tempat tidur. Dengan rincian 38 diantara merupakan ICU dan 107 yang lain adalah HCU. Selain itu RSKI juga mempunyai 117 tempat tidur yang dilengkapi dengan tekanan negatif.

"Untuk IGD yang menangani COVID-19 juga dilakukan secara terpisah yakni di sisi timur gedung RSKI. Jadi pasien bisa diterima disana dan langsung bisa ditangani untuk tahapan layanan selanjutnya," lanjutnya.

Baca Juga: Kasus Baru COVID-19 Terus Bertambah, Pasien Antre di RSUA

4. Ada 45 dokter dan 250 perawat

Sambut New Normal, Unair Pastikan Kesiapan RSUA Tangani COVID-19Ilustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Penanganan pasien COVID-19 di RSKI melibatkan 45 dokter spesialis dan ditambah dengan 250 perawat termasuk di dalamnya ada relawan. Ada juga robot yang membantu dokter dengan CCTV yang bisa berputar 360 derajat. Sehingga dokter dan tenaga kesehatan yang lain tidak sering bertemu dengan pasien.

"Hal itu, untuk menekan potensi penularan COVID-19 dari pasien ke dokter dan tenaga kesehatan yang lain," tuturnya.

Dengan seluruh persiapan ini, Nasih berharap RSUA sanggup menyambut new normal life yang digadang-gadang akan segera dilaksanakan di wilayah Surabaya dan sektarnya.

Baca Juga: Pelayanan RSUA Berangsur Normal Usai Nakes Terpapar COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya