Rangka Milik Pendaki Asal SMKN 5 Surabaya Akhirnya Ditemukan

Ditemukan oleh pendaki tersesat pula

Surabaya, IDN Times - Rangka manusia yang diduga milik Faiqus Syamsi, pendaki asal Surabaya yang hilang sejak Desember silam, akhirnya ditemukan. Rangka tersebut ditemukan oleh pendaki tersesat lalu dilaporkan ke Pos Ijin Pendakian Gunung Arjuno di Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

 

1. Rangka ditemukan oleh pendaki tersesat

Rangka Milik Pendaki Asal SMKN 5 Surabaya Akhirnya DitemukanIDN Times / Istimewa

 

Resucuer Basarnas yang juga merupakan Search Mission Coordinator (SMC) Faiqus Syamsi, Farid Kurniadi menjelaskan bahwa rangka tersebut ditemukan pertama kali oleh 4 orang pendaki puncak Gunung Arjuno yang tersesat pada Kamis, (4/4). Sekelompok murid SMA dari Surabaya itu memotret kondisi tulang dan menuruni gunung untuk melaporkannya ke Pos Ijin.

"Mereka tidak melanjutkan ke puncak melainkan turun. Tim SAR baru mulai melakukan proses evakuasi pada Jumat (5/4) pagi," ujar Farid saat dihubungi IDN Times, Sabtu (6/4).

2. Diidentifikasi dari pakaian

Rangka Milik Pendaki Asal SMKN 5 Surabaya Akhirnya DitemukanUnsplash/Stephan Seeber

 

Farid menerangkan bahwa rangka tersebut diduga memang merupakan milik Faiqus. Hal ini didasari dari sabuk, celana, dan celana dalam yang masih membalut tulang belulang tersebut."Dari hasil identifikasi awal itu memang diduga milik faiqus karena disamakan dengan foto milik temannya saat pendakian. Dari gesper dan celana sama," imbuhnya.

Proses identifikasi pun juga dibantu oleh Polsek Prigen dan pihak keluarga yang datang pada malam hari. Setelah diperiksa, diyakini bahwa rangka tersebut merupakan milik Faiqus.

3. Rangka tak lagi utuh

Rangka Milik Pendaki Asal SMKN 5 Surabaya Akhirnya DitemukanIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

 

Farid menceritakan bahwa rangka manusia tersebut sudah tidak lagi utuh. Ia hanya dapat menemukan bagian kaki, paha, dan tangan. Sedangkan tengkorak dan bagian tubuh lainnya tidak dapat ditemukan.

"Kami sudah melakukan penyisiran ke wilayah sekitar titik penemuan itu. Tapi masih belum ditemukan," terangnya.Usai proses evakuasi yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB, rangka Faiqus pun dibawa ke rumah duka di Jalan Kendangsari Surabaya.

4. Hilang sejak Desember

Rangka Milik Pendaki Asal SMKN 5 Surabaya Akhirnya Ditemukanilustrasi SAR/Twitter/BSN_Makassar

 

Faiqus merupakan seorang pendaki dari SMKN 5 Surabaya yang dinyatakan hilang sejak 18 Desember 2018 saat melakukan ekspedisi pendakian ke puncak Gunung Arjuno bersama rekan-rekannya. Pencarian dilakukan oleh tim SAR namun dihentikan setelah 7 hari kemudian sesuai dengan prosedur. Namun pencarian terus dilakukan oleh para pecinta alam hingga 5 Januari 2019.

"Padahal titik itu sebenarnya masih masuk dalam wilayah pencarian. Sudah pernah dilewati sepertinya. Atau mungkin lebih jauh sedikit sekitar 50 meter," pungkasnya.

Baca Juga: Bukan Kesurupan, 5 Tanda Hipotermia Ini Wajib Diketahui Pendaki Gunung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya