PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis Digital

Perpaduan antara ilmu ekonomi dan sistem informasi

Surabaya, IDN Times - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi baru, yaitu S1 Bisnis Digital. Prodi ini ditaergetkan mencetak wirausahawan yang bisa berkembang di dunia digital atau pakar analisis manajemen bisnis digital.

1. Unesa PTN pertama di Jatim buka prodi Bisnis Digital

PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis DigitalUnesa.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd menuturkan bahwa Unesa menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) pertama di Jawa Timur yang membuka prodi S1 Bisnis Digital. Prodi tersebut memiliki mata kuliah penciri yang membedakannya dengan prodi di kampus lainnya di Indonesia, yakni mata kuliah Etika Bisnis Digital (1 dan 2).

"UNESA ingin mewujudkan mahasiswa yang memiliki mindset sebagai digital user, memiliki kemampuan mengelola bisnis berbasis digital, serta mampu membaca peluang, tren, dan pergeseran bisnis digital di lapangan dan ke depannya," ujar Bambang, Kamis (24/6/2021).

2. Gabungan lintas ilmu

PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis DigitalDokumentasi Unesa

Prodi Bisnis Digital ini merupakan gabungan dari prodi Manajemen, Teknik Informatika dan Sistem Informatika. Prodi tersebut dibentuk sesuai kebutuhan zaman yaitu ilmu bisnis di dunia digital. Melalui Prodi ini diharapkan lulusannya bisa mengadaptasi ilmu bisnis konvensional ke digital.

“Usaha atau bisnis yang bisa bertahan yakni yang dapat memanfaatkan perangkat digital atau bisnis berbasis digital. Kalau tidak, rawan tergerus dan tak bisa bersaing,” imbuh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa, Hujjatullah Fazlurrahman, SE., MBA.

3. Lulusan diharapkan jadi wirausahawan digital atau ahli analisis manajemen bisnis digital

PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis DigitalGedung Rektorat Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dok. unesa.ac.id

Lulusan S1 Bisnis Digital diproyeksikan menjadi wirausahawan muda yang terampil di bidang bisnis digital dan analisis manajemen bisnis digital. Ketika lulus dan bekerja di perusahaan tertentu, mereka diharapkan bisa menjadi inspirasi, menghadirkan inovasi dan memberi solusi. Selain itu, juga diharapkan dapat mengembangkan bisnis digital berdasarkan data dan program yang ada.

"Tujuan tersebut merupakan bagian dari program ‘merdeka belajar dan kampus merdeka’ (MBKM) yang diwujudkan lewat program magang. Rencananya, program magang untuk mahasiswa prodi anyar itu yakni di startup digital. Kemudian banyak program mata kuliah praktis seperti pembuatan aplikasi dan program berbasis digital lainnya," lanjut Hujjatullah.

Baca Juga: Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur Pulas

4. Tenaga pengajar akan diisi praktisi

PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis Digital(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Sukma Shakti

Bambang menambahkan, tenaga pengajar Prodi Bisnis Digital ini merupakan SDM yang berkompeten. Selain dosen dari akademisi Unesa, lima persen dosen Prodi ini akan diisi praktisi yang sudah berpengalaman di bidang Bisnis Digital. Ia berharap, Prodi baru ini mampu memberikan kontribusi dalam mendorong pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Indonesia ke depannya.

“Semoga lulusan nanti bisa menjadi pemain kunci dan menentukan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, menjadi lulusan yang mampu bersaing di skala nasional maupun internasional,” tutup Bambang.

Baca Juga: Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas Bermedia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya