Profil Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPK

Puput berkiprah jadi bupati dua periode berkat sang suami

Surabaya, IDN Times - Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sosok Puput dikenal tak jauh dari bayang-bayang suaminya, Hasan Aminuddin yang dulu juga menjabat sebagai Bupati Probolinggo. Berikut profil singkat Puput yang telah dirangkum IDN Times.

1. Bupati Probolinggo di periode kedua

Profil Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPKBupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari (tengah). Dok. probolinggokab.go.id

Perempuan asli Ponorogo ini tengah menjalankan periode kedua masa pemerintahannya sebagai seorang bupati sejak tahun 2018. Di periode pertama, Puput juga memimpin Kabupaten Probolinggo bersama wakilnya kini, Timbul Prihanjoko sejak 2013.

Selama memimpin, Puput jarang terlibat kontroversi dan skandal di publik. Delapan tahun berturut-turut, Pemkab Probolinggo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Baca Juga: [BREAKING] Bupati Probolinggo Terjaring OTT KPK Bersama Suaminya

2. Meneruskan jabatan sang suami, Hasan Aminuddin

Profil Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPKBupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari (kiri). Dok. probolinggokab.go.id

Kiprah perpolitikan Puput tentu tak lepas dari suaminya, Hasan Aminuddin. Hasan yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI mengantarkan sang istri untuk meneruskan kiprahnya menjadi Bupati Probolinggo yang sudah dirintisnya sejak 2013. Kekuatan nama Hasan seakan menjadi jaminan kemenangan Puput di setiap Pemilihan Kepala Daerah.

Pada kali pertama pencalonannya sebagai bupati, Puput diusung oleh koalisi partai PDIP, PKB, PKIB, PKNU, Partai Gerindra, dan Partai Hanura. Lima tahun berikutnya, PDIP dan Partai Gerindra tetap mengusung Puput. Koalisi ini diperkuat dengan Partai NasDem, Partai Golkar, dan PPP.

3. Perempuan asli Ponorogo tamatan SMU

Profil Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPKBupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Dok. probolinggokab.go.id

Lahir pada tanggal 23 Mei 1983, Puput sebenarnya bukan sosok yang menonjol. Ia menghabiskan masa mudanya di Ponorogo. Dilansir melalui laman resmi KPU Kabupaten Probolinggo, Puput menempuh sekolahnya di SDN Baosan Lor 1 Ponorogo, SLTPN 4 Ponorogo, dan SMUN 2 Ponorogo. Ia kemudian tak melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi atau pendidikan informal lainnya.

Dalam data resminya, Puput menuliskan hobinya yaitu membaca, memasak, menyulam, yoga, dan bersepeda. Sehari-hari, Puput masih terlibat langsung untuk mengurus pekerjaan rumah tangga bagi keempat anaknya.

4. Karir melejit sejak menikah dengan Hasan Aminuddin

Profil Puput Tantriana Sari, Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPKAnggota DPR RI, Hasan Aminuddin (tengah) bersama Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Facebook/hasan aminuddin

Karir pemerintahan Puput dimulai ketika menjadi staf BPD Jawa Timur pada 2004-2008. Perjalanan hidup Puput pun berubah ketika ia menikah dengan Hasan di tahun 2008. Puput kemudian menemani Hasan di Pemkab Probolinggo. Selama 2008-2013, sebagai istri Bupati, Puput mengemban jabatan Ketua TP PKK Pobolinggo, Ketua K3S Probolinggo, dan Penasehat DWP Probolinggo.

Baca Juga: [BREAKING] Harta Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari Capai Rp10 Miliar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya