Pemudik Travel Gelap ke Surabaya Wajib Bayar Karantina Rp1,5 Juta

Biaya karantina Rp300 ribu per hari

Surabaya, IDN Times - Para calon pemudik yang masih nekat untuk menuju Kota Surabaya siap-siap merogoh kocek hingga Rp1,5 juta. Pasalnya, Pemerintah Kota Surabaya menetapkan karantina wajib berbayar bagi pemudik yang menumpangi travel gelap ke Kota Surabaya.

1. Pemkot antisipasi travel gelap

Pemudik Travel Gelap ke Surabaya Wajib Bayar Karantina Rp1,5 JutaKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menjelaskan bahwa travel gelap merupakann salah satu potensi pengantar pemudik yang dipaling diperhatikan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Bahkan, pihaknya menyediakan truk untuk langsung mengangkut para penumpag travel gelap.

"Antisipasinya untuk siapa, untuk travel-travel gelap itu penumpang travel gelap tujuan Surabaya itu," ujar Febri, Rabu (5/5/2021).

Febri mengetakan bahwa truk-truk ini akan ditempatkan di titik-titik berpotensi adanya travel gelap yaitu di Suramadu untuk mencegah travel dari Madura, Bundaran Cito untuk mencegat travel gelap dari arah Sidoarjo, kemudian juga di Terminal TOW (Terminal Osowilangun) dan Merr.

"Ada empat armada truk milik Satpol-PP di Terminal TOW (Terminal Osowilangun), Merr, Bundaran Cito dan Suramadu," tuturnya.

2. Pemudik harus karantina 5 hari dulu

Pemudik Travel Gelap ke Surabaya Wajib Bayar Karantina Rp1,5 JutaIlustrasi karantina wilayah. (IDN Times/Mia Amalia)

Dengan truk ini, para pemudik dari travel gelap akan langsung diangkut untuk menuju Hotel Asrama Haji. Di hotel ini, mereka harus dikarantina selama lima hari sebelum bisa pulang kampung ke tujuan masing-masing.

"Penumpang travel gelap tujuan Surabaya itu langsung diangkut. Kemudian dibawa ke Asrama Haji, baik itu warga Surabaya, maupun warga luar kota akan dibawa ke sana (tempat karantina)," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Penyeberangan Bali ke Jawa Meningkat

3. Biaya total karantina 5 hari adalah Rp1,5 juta

Pemudik Travel Gelap ke Surabaya Wajib Bayar Karantina Rp1,5 JutaIlustrasi. IDN Times/Mia Amalia

Sebagai konsekuensi telah melanggar peraturan pemerintah, maka Pemkot Surabaya tak menanggung biaya para pemudik travel gelap yang karantina di Asrama Haji itu. Biaya meninap sebesar Rp300 ribu pun dibebankan kepada merak. Jadi, untuk membayar lima hari karantina diperlukan uang hingga Rp1,5 juta.

"Biaya satu orang berapa? Rp300 ribu per hari selama lima hari," tutup Febri.

Baca Juga: Bertambah, Total Ada 34 PMI Positif COVID-19 yang Mudik ke Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya