Pemprov Jatim Buka Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19

Baru tersedia di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan stasiun pengisian oksigen gratis bagi warga Jatim. Stasiun pertama yang dibuka dan mulai beroperasi berada di halaman Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Dengan adanya stasiun oksigen gratis ini, warga yang tengah isolasi mandiri diharapkan tak lagi kesulitan mencari layanan pengisian oksigen.

1. Khofifah resmi membuka stasiun pengisian oksigen gratis

Pemprov Jatim Buka Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19IDN Times/Fitria Madia

Stasiun pengisian oksigen gratis ini diresmikan Khofifah pada Sabtu (17/7/2021). Ia menjamin, layanan tersebut bisa diakses para warga yang membutuhkan dengan syarat menunjukkan hasil positif COVID-19 dari swab PCR atau antigen. Tak hanya pasien isoman, ambulans yang membutuhkan isi ulang oksigen dalam keadaan darurat pun bisa memanfaatkan layanan tersebut.

"Mohon semuanya bisa mengkoordinasikan lewat aplikasi dan call center yang ada. Hari ini kita buka di lapangan Dishub Provinsi Jawa Timur 24 jam. Sementara disiapkan 500 meter kubik tabung oksigen atau silinder kapasitas 1 meter kubik. Tetapi kita punya stok yang cukup, artinya itu bisa ditambahkan," ujar Khofifah saat peresmian berlangsung.

2. Ditargetkan bisa dibuka di daerah lain

Pemprov Jatim Buka Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Layanan pengisian tabung oksigen gratis ini, lanjut Khofifah, akan tersedia di kota-kota lainnya. Dua kota yang sudah siap adalah Sidoarjo dan Gresik. Sementara pihaknya juga berusaha mewujudkan stasiun di kota-kota lainnya dengan menyiapkan kebutuhan petugas yang berkompeten mengoperasikan pengisian oksigen ini.

"Oleh karena itu, bagi di kabupaten dan kota lain yang sudah mengajukan, kami sedang berkoordinasi dengan tim teknis yang memiliki skill khusus untuk melakukan pengisian secara aman dengan SOP, seperti yang diberlakukan oleh distributor atau agen isi ulang oksigen," tuturnya.

3. Akan tersedia di Sidoarjo dan Gresik

Pemprov Jatim Buka Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19IDN Times/Fitria Madia

Untuk Kabupaten Sidoarjo, stasiun pengisian oksigen gratis berada di halaman Samsat Kabupaten Sidoarjo atau tepatnya di Kantor UPT PPD di Jl Pahlawan Kabupaten Sidoarjo. Sementara untuk Kabupaten Gresik, stasiun pengisian oksigen ini ditempatkan di Samsat Kabupaten Gresik dengan kapasitas yang sama.

"Tetapi seandainya 500 meter kubik berarti untuk 500 tabung oksigen atau silinder 1 meter kubik itu tidak mencukupi, maka kita akan menambahkan. Karena stok kita InsyaAllah cukup. Kami menyampaikan terima kasih terutama asosiasi BUMN yang ada di Jawa Timur. Tidak sekali pun support kemudian berhenti. Tapi akan disupply secara kontinyu. Dengan demikian stok kita cukup untuk bisa meluaskan isi ulang oksigen secara gratis," jelasnya.

Baca Juga: PLN Salurkan Bantuan Oksigen ke Sejumlah RS di Jateng 

4. Harus isi formulir dan tunjukkan bukti positif COVID-19

Pemprov Jatim Buka Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19Antrean tabung oksigen di salah satu tempat pengisian oksigen medis di Kota Yogyakarta (IDN Times/Paulus Risang

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, masyarakat harus mengisi formulir secara daring, melalui situs infocovid19.jatimprov.go.id. Warga juga harus mencantumkan hasil PCR Test atau Swab Antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan suplai oksigen.

Setelah mengisi secara online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR Test atau swab Antigen serta tabung berukuran 1 meter kubik.

"Besok insyaallah kita buka di halaman Samsat Sidoarjo. Besok lusa di halaman Samsat Gresik," pungkasnya.

Baca Juga: IDPB Jaga Oksigen Pastikan Distribusi Merata Hingga Pelosok Negeri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya