PDP Corona dari Hongkong, RSUD dr Soetomo Langsung Tes Swab Malam Ini

Ia WNI yang baru tiba dari Hongkong pada Selasa petang

Surabaya, IDN Times - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona baru saja dilarikan ke RSUD dr Soetomo Surabaya, Selasa (17/3) petang. Ia merupakan seorang penumpang pesawat Cathay Pacific dari Hongkong. Saat ini, tindakan medis sudah dilakukan pada pasien tersebut.

1. PDP langsung dilakukan tes swab

PDP Corona dari Hongkong, RSUD dr Soetomo Langsung Tes Swab Malam IniHumas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). (IDN Times/Fitria Madia)

Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr. Soetomo dr. Pesta Parulian Maurid Edwar SpAn menjelaskan, pasien perempuan itu sudah ditempatkan di ruang isolasi khusus. Pasien tersebut sudah menjalani serangkaian pemeriksaan tes virus corona termasuk tes swab.

"Sudah kami lakukan tes swab tadi," ujar Pesta saat dihubungi IDN Times.

2. Spesimen PDP segera diteliti di Balitbangkes

PDP Corona dari Hongkong, RSUD dr Soetomo Langsung Tes Swab Malam IniIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Tes swab atau pengambilan spesimen lendir di saluran pernafasan bertujuan untuk memastikan apakah pasien tersebut benar-benar terjangkit virus corona atau tidak. Nantinya, Pesta mengatakan, spesimen ini akan dikirimkan ke Balitbangkes di Jakarta.

"Akan sesegera mungkin kita kirimkan ke Jakarta," tuturnya.

Datangnya perempuan Warga Negara Indonesia ini menambah jumlah PDP yang dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya. Sebelumnya ada 3 PDP yang diisolasi. Saat ini 2 orang dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang masih menunggu hasil.

"Ada tiga yang kami rawat sebelumnya," sebutnya.

3. Pasien langsung dilarikan ke RSUD dr.Soetomo

PDP Corona dari Hongkong, RSUD dr Soetomo Langsung Tes Swab Malam IniIlustrasi. Suasana di terminal 2 Bandara Juanda, Surabaya Senin (2/3). IDN Times/Tarida Alif

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, Budi Hidayat mendapatkan informasi bahwa ada pasien sakit asal Hongkong di pesawat Cathay Pacific. Setibanya di Bandara Internasional Juanda, pasien tersebut langsung dilarikan ke RSUD dr Soetomo. Sementara 18 penumpang lainnya dikarantina di KKP Bandara Juanda.

"Pesawatnya (sedang) dilakukan disenfeksi. Lagi dilakukan pembersihan ya," tutup Budi.

Baca Juga: Bawa Satu PDP dari Hongkong, Pesawat Cathay Pacific Tertahan di Juanda

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya