Pasien COVID-19 Tetap Khidmat Salat Id di RS Lapangan

Pihak RS ingin hadirkan nuansa lebaran

Surabaya, IDN Times - Terjangkit COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi para pasien yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kogabwilhan II untuk mengikuti Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Dalam keadaan terkonfirmasi positif COVID-19, para pasien tetap salat dengan keadaan khidmat.

Baca Juga: 5.524 PMI Jatim Sudah Diswab PCR, Positif COVID-19 Jadi 56 Orang

1. Salat Id diikuti nakes dan pasien COVID-19

Pasien COVID-19 Tetap Khidmat Salat Id di RS LapanganSalat Idul Fitri 1442 Hijriah di RS Lapangan Indrapura. Dok. IDN Times/Istimewa.

Salat Id para pasien COVID-19 ini diimami oleh Supervisor RSLI, Sa'ad Nasir. Sekitar 30 orang pasien dan 50 tenaga medis mengikuti salat tersebut. Dalam kotbahnya, Sa'ad mengingatkan bahwa sakit yang dialami harus dihadapi dengan tabah.

"Sakit bagi manusia bisa berarti ujian dan bisa juga karena kita banyak melakukan dosa-dosa baik yang disadari maupun tidak. Untuk itu marilah kita banyak-banyak bertaubat, memohon ampunan Allah SWT serta memohon untuk dapat segera diangkat dan disembuhkan sakitnya. Semoga sakit ini bisa menjadi penebus dan pengurang dosa di akhirat kelak," ujar Sa'ad, Kamis (13/5/2021).

2. Hadirkan nuansa lebaran bagi para pasien

Pasien COVID-19 Tetap Khidmat Salat Id di RS Lapanganpinterest

Penanggung jawab RSLI Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menambahkan, para pasien yang mengikuti Salat Id ini sebagian merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang gagal mudik lantaran dinyatakan positif COVID-19. Salat Id ini pun digelar untuk menghadirkan nuansa lebaran kepada para PMI.

"Kami merasa haru sekaligus bangga, karena dengan pelayanan yang sungguh-sungguh dari nakes, kita bisa memulangkan lebih cepat (7 hari sembuh) para PMI. Sehingga mereka bisa merayakan lebaran bersama keluarga, setelah sebelumnya mereka sempat pesimis karena harus menjalani 14 hari jadwal isolasi dan perawatan di rumah sakit. Semoga Allah SWT memberikan balasan setimpal atas kerja-kerja kemanusiaan para nakes dan relawan," ungkapnya.

3. Sudah 7.0013 pasien di RSLI sembuh

Pasien COVID-19 Tetap Khidmat Salat Id di RS LapanganPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Dalam momentum hari raya ini, Ketua Pelaksana PPKPC-RSL Kogabwilhan II Radian Jadid berharap RSLI dapat membantu lebih banyak pasien. Selama 11 bulan beroperasi, telah ada 7.336 yang dirawat.

"Kami telah melayani 7.336 pasien, menyembuhkan 7.013 penyintas Covid-19 dengan angka kematian 1 orang. Saat ini kami masih merawat 50 pasien baik dari umum maupun PMI," tuturnya.

Baca Juga: Salat Id di RSDL Indrapura, Makmum Sampai Imam adalah Pasien COVID-19

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya