Pasar Kembang Kebakaran Besar, 200-an Pedagang Tunggu Relokasi

PD Pasar Surya tengah bahas relokasi para pedagang

Surabaya, IDN Times - Pasar Kembang Surabaya sempat mengalami kebakaran pada Minggu (22/8/2021) sore yang mengakibatkan 200 kios hangus. Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya tengah berupaya untuk merelokasi para pedagang dan menjaga agar roda perekonomian tetap berjalan.

1. Eri minta PD Pasar Surya siapkan relokasi pedagang Pasar Kembang

Pasar Kembang Kebakaran Besar, 200-an Pedagang Tunggu RelokasiKebakaran Pasar Kembang Surabaya, yang terjadi pada Minggu, (22/8/2021). Dokumentasi Istimewa

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatajan bahwa saat ini pihaknya tengah membahas proses penanganan Pasar Kembang dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya. Yang terpenting bagi Eri adalah, kebakaran tersebut tidak merenggut korban jiwa.

"Kemarin sudah dipadamkan, sekitar 40 menit selesai tidak ada korban jiwa. Sehingga ke depan kami akan koordinasi dengan PD Pasar untuk penataan," ujar Eri, Senin (23/8/2021).

Eri berharap, secepatnya para pedagang yang terdampak kebakaran tetap bisa berjualan. Ia pun meminta jajaran direksi PD Pasar Surya agar menyiapkan sejumlah langkah komprehensif.

"Saat ini masih diurus PD Pasar Surya," imbuhnya.

2. PD Pasar Surya tunggu hasil labfor

Pasar Kembang Kebakaran Besar, 200-an Pedagang Tunggu RelokasiKebakaran Pasar Kembang Surabaya, yang terjadi pada Minggu, (22/8/2021). Dokumentasi Istimewa

Humas PD Pasar Surya, Zaini menambahkan, pihaknya masih menunggu hasil Laboratorium Forensik (Labfor) Polrestabes Surabaya terkait penyebab kebakaran Pasar Kembang. Saat ini, mereka tengah berupaya agar para pedagang ini tetap dapat berjualan.

"Kita sementara menunggu labfor untuk identifikasi penyebab kebakaran. Setelah ini kita menentukan langkah-langkah teknis keberlangsungan pedagang, supaya tetap berjualan di pasar," ungkapnya.

3. Ada tiga alternatif pasar untuk relokasi

Pasar Kembang Kebakaran Besar, 200-an Pedagang Tunggu RelokasiPedagang di Pasar Kembang Surabaya usai kebakaran yang terjadi pada Minggu, (22/8/2021). Dokumentasi Istimewa

Langkah terdekat yang dilakukan oleh PD Pasar Surya adalah mendata kerugian yang dialami oleh para pedagang. Mereka juga menyiapkan beberapa lokasi alternatif untuk relokasi sementara pedagang Pasar Kembang.

"Sementara jumlah kerugian kita masih mendata. Konsentrasi kita adalah bagaimana perekonomian tetap jalan, pedagang dapat berjualan kembali. Dan, kemungkinan akan kita relokasi atau carikan tempat untuk penampungan sementara," terangnya.

Hingga kini terdapat tiga opsi tempat untuk relokasi pedagang Pasar Kembang yaitu di Pasar Babakan, Pasar Tambah Rejo dan lantai satu kantor PD Pasar Surya. Untuk sementara waktu, sejumlah pedagang pun memilih berjualan di depat Pasar Kembang.

"Ada 3 alternatif yang diwacanakan. Di (lantai satu) Kantor PD Pasar Surya itu kita juga punya ruangan luas, dan Insya Allah mampu menampung seluruh pedagang (Pasar Kembang) lantai dua," jelasnya.

Baca Juga: Kebakaran Pasar Loak, Butuh 22 Damkar untuk Pemadaman

4. Kebakaran lalap 200 stan pedagang Pasar Kembang

Pasar Kembang Kebakaran Besar, 200-an Pedagang Tunggu RelokasiKebakaran Pasar Kembang Surabaya, yang terjadi pada Minggu, (22/8/2021). Dokumentasi Istimewa

Perlu diketahui, kebakaran Pasar Kembang dilaporkan warga sekitar pukul 15.53 WIB. Sebanyak 23 unit pemadam kebakaran dan 6 unit bantuan perlu dikerahkan hingga api dinyatakan kondusif pada pukul 17.14 WIB. Lantai dua pasar seluas 60 x 35 meter pun hangus. Sebanyak 200 stan los pedagang tak bisa lagi ditempati.

"Kita masih akan diskusikan kembali dengan para pedagang terkait jam operasional. Apakah jam operasional pedagang itu mengikuti jam operasional di tempat relokasi nanti. Apakah bisa buka malam atau pagi sampai sore," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Menghanguskan Rumah di Perum ITS, Satu Bocah Laki-laki Tewas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya