Comscore Tracker

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses Transparan

Mereka menganggap MeMiles tidak merugikan

Surabaya, IDN Times - Ratusan orang dari member MeMiles menggelar unjuk rasa di depan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin (2/3). Mereka merupakan pihak yang mendukung MeMiles dan menuntut kasus MeMiles agar diproses secara transparan.

1. Member pendukung MeMiles unjuk rasa di depan Kejati Jatim

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses TransparanMassa aksi #SaveMeMiles di depan Kejati Jatim, Senin (2/3). IDN Times/Fitria Madia

Massa aksi ini telah berkumpul di depan Kejati Jatim sejak pukul 08.30 WIB. Mereka menggunakan pakaian putih-biru. Sebagian juga mengenakan segaram member MeMiles dengan tulisan nama di dada mereka. Beberapa orang juga memamerkan kartu identitas bertuliskan kode refferal MeMiles.

"Save MeMiles! MeMiles adalah aplikasi masa depan yang dapat menolong nusantara di masa depan," teriak massa aksi.

2. Ingin kasus berjalan transparan

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses TransparanKetua Forum Komunikasi Member MeMiles Nusantara, David Oktarefia. IDN Times/Fitria Madia

Koordinator aksi, David Oktarefia mengatakan, mereka melakukan unjuk rasa sebagai bentuk dukungan atas aplikasi MeMiles. Mereka ingin kasus MeMiles diproses secara cepat tanpa berbelit-belit dan transparan.

"Kalau memang ditemukan ada unsur melawan hukum ya silakan. Tapi kalau tidak, ya jangan dilanjutkan. Karena ini sudah dua bulan lebih," ujar David yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Member Memiles Nusantara.

3. Massa aksi dari berbagai daerah

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses TransparanLip Hadipriyatno, salah seorang member MeMiles yang ikut dalam aksi #SaveMemiles, Senin (2/3). IDN Times/Fitria Madia

Massa aksi tersebut berasal dari bebagai daerah. Mulai Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Medan, dan lain-lain. Mereka merupakan perwakilan tiap daerah untuk menunjukkan keseriusan mereka atas dukungan terhadap aplikasi MeMiles.

"Karena kami tidak merasa dirugikan atas aplikasi ini. Ini kan seperti e-commerce gitu. Jadi ini merupakan karya anak bangsa yang harusnya didukung," tutur Lip Hadipriatna, member MeMiles asal Ciamis.

Baca Juga: Sudah Sita Rp147 Miliar, Berkas Perkara MeMiles Diserahkan Pekan Ini

4. Perwakilan aksi diterima pihak Kejati Jatim

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses TransparanMassa aksi #SaveMeMiles di depan Kejati Jatim, Senin (2/3). IDN Times/Fitria Madia

Setelah melakukan aksi selama 2 jam, David pun dipanggil untuk bertemu dengan perwakilan Kejati Jatim. Saat audiensi itu David mengutarakan niat massa aksi. Menurutnya, respons Kejati Jatim cukup baik atas tuntutan mereka.

"Tadi saya diterima oleh Aspidum, Pak Herry. Kami sudah sampaikan salam kepada Pak Kajati bahwa bahwa kami ini sahabat Kejati," ungkap David.

5. Polisi sebut sah-sah saja ada member yang pro MeMiles

Member Pro MeMiles Unjuk Rasa, Minta Kasus Diproses TransparanMassa aksi #SaveMeMiles di depan Kejati Jatim, Senin (2/3). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan bahwa unjuk rasa yang dilakukan oleh massa aksi merupakan hak mereka sebagai bangsa untuk mengekspresikan pendapatnya. Sementara anggapan bahwa MeMiles adalah e-commerce merupakan salah kaprah karena yang dipermasalahkan adalah skema ponzi yang dilakukan.

"Saya gak ngerti ini dari kelompok mana. Menurut saya sah-sah saja kalau memang mereka merasa dirugikan dengan penangkapan yang dilakukan. Kemudian mereka berharap dikembalikan hak-haknya sebagai member yang sudah top up itu menurut saya sah-sah saja," terangnya saat ditemui di Mapolda Jatim.

Baca Juga: Polda Jatim Serahkan Berkas Perkara MeMiles ke JPU Besok

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya