Kronologi Penyelamatan Empat Orang Saat Terjebak dalam Kebakaran

Dua orang lansia berhasil selamat

Surabaya, IDN Times - Kebakaran sebuah rumah yang terletak di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya bisa saja menelan korban jiwa jika petugas Dinas Pemadam Kebakaran saat itu terlambat datang. Beruntung, petugas tak sengaja melintas di lokasi dan berhasil melakukan pertolongan dengan sigap sehingga berhasil menyelamatkan nyawa penghuni rumah yang terjebak di dalamnya.

1. Ada 4 orang terjebak di rumah yang terbakar

Kronologi Penyelamatan Empat Orang Saat Terjebak dalam KebakaranKebakaran rumah dua lantai di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya pada Senin (15/2/2021). Dok Dinas Damkar Surabaya

Kabid Ops Dinas Damkar Kota Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan, pihak yang mengabarkan kebarakan tersebut pertama kali adalah Unit Tempur Damkar Rayon Pasar Turi yang melintas di dekat lokasi sekitar pukul 09.33 WIB. Setelah melapor, mereka langsung melaksanakan pemadaman. Salah satu prosedur pemadaman kebakaran adalah menanyakan apakah masih ada orang yang terjebak dalam bangunan tersebut.

"Danru (Komandan Regu) menanyakan kepada pemilik rumah yang sudah keluar dan ternyata masih ada keluarganya 4 orang didalam rumah tersebut," ujar Bambang, Senin (15/2/2021).

2. Seorang pemadam masuk untuk menyelamatkan keempatnya

Kronologi Penyelamatan Empat Orang Saat Terjebak dalam KebakaranIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa masih ada orang yang terjebak, Danru bersama juru padam pun memutuskan untuk masuk ke dalam rumah saat api masih berkobar. Ia pun membasahkan alat pelindung diri yang ia pakai dan masuk ke lantai 1 rumah tersebut.

"Saat didalam rumah, Danru melihat 4 orang yang berada didalam rumah yaitu laki-laki usia sekitar 35 tahun, laki-laki usia sekitar 70 tahun, perempuan usia sekitar 65 tahun, dan perempuan usia sekitar 32 tahun," terang Bambang.

3. Seluruh korban yang terjebak berhasil selamat

Kronologi Penyelamatan Empat Orang Saat Terjebak dalam KebakaranKebakaran rumah dua lantai di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya pada Senin (15/2/2021). Dok Dinas Damkar Surabaya

Saat itu, pria paruh baya yang diketahui merupakan Fanda Jany (40) tengah berusaha memadamkan api semampunya. Ia membantu tiga anggota keluarga lainnya yang berusaha menyelamatkan diri. Namun mereka kesulitan karena api masih besar, asap sudah mengepul, serta lantai amat panas.

"Selain itu ada dua Lansia jadi mereka kesulitan untuk menyelamatkan diri," lanjut Bambang.

Danru pun dengan sigap menggendong seorang kakek yang terjebak di sana. Dengan lampu senter di helmnya, ia mencari jalan keluar yang minim api untuk membimbing para korban lain. Sedangkan nenek yang ikut terjebak juga digendong oleh Fanda.

"Saat berada di depan rumah, juru padam langsung membasai Danru dan korban yang selamat. Alhamdulillah," tutup Bambang.

Baca Juga: Kebakaran Besar Rumah Dua Lantai, 7 Orang Berhasil Diselamatkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya