Khofifah Siap Jadi Relawan Pertama Vaksin Merah Putih

Untuk Vaksin Merah Putih sebagai booster

Surabaya, IDN Times - Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga akan segera memasuki uji klinis kepada manusia. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersedia pasang badan untuk menjadi relawan pertama yang disuntik Vaksin Merah Putih. Apalagi, vaksin ini bisa diperuntukkan bagi booster atau vaksin ketiga.

1. Khofifah ingin jadi relawan pertama Vaksin Merah Putih

Khofifah Siap Jadi Relawan Pertama Vaksin Merah PutihBibit Vaksin Merah Putih dari Unair (dok. Humas Unair)

Khofifah menuturkan, sebagai Ketua Ikatan Alumni Unair, ia ingin mendukung karya besar Unair yang juga penting bagi masyarakat Indonesia yaitu Vaksin Merah Putih. Lantaran Khofifah sudah mendapat vaksinasi sebanyak dua dosis, ia hanya bisa menjadi relawan uji klinis Vaksin Merah Putih sebagai booster.

"Kalau misal dari proses uji klinis pertama, kedua, ketiga itu boleh sifatnya booster, saya siap jadi relawan pertama," ujar Khofifah di Unair, Selasa (9/11/2021).

2. Khofifah bangga karya Unair

Khofifah Siap Jadi Relawan Pertama Vaksin Merah PutihPenyerahan bibit Vaksin Merah Putih dari Unair ke PT Biotis (dok. Humas Unair)

Sebagai alumnus Unair, Khofifah bangga atas pencapaian yang telah dihasilkan oleh tim riset Unair. Vaksin COVID-19 ini tentu bukan karya yang mudah. Apalagi, vaksin ini amat penting untuk menyelamatkan masyarakat dari COVID-19.

"Pokoknya saya akan berdiri di depan deh. Bangga dengan Unair, bangga dengan vaksin merah putih yang diinisasi oleh Unair dan sudah diserahkan tadi ke Biotis," tuturnya.

Baca Juga: Diserahkan ke Biotis, Vaksin Merah Putih Siap Uji Klinis ke Manusia

3. Tempat dan relawan uji klinis sudah disiapkan

Khofifah Siap Jadi Relawan Pertama Vaksin Merah PutihGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat di IGD Khusus Penyakit Menular RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (6/12/2020). Dok. Humas Pemprov Jatim

Selain itu, Khofifah juga tengah menyiapkan tempat uji klinis beserta relawannya yang akan diselenggarakan di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Rumah sakit milik Pemprov Jatim ini sebenarnya sudah dipersiapkan sebagai lokasi uji klinis Vaksin Merah Putih sejak jauh-jauh hari.

"Jadi ini sudah mulai kita siapkan. Pada saat itu (rencananya) 12 Oktober, bagus karena 12 Oktober HUT Pemprov. Pada saat itu sudah disiapkan gazebo khusus di Soetomo karena Soetomo ini kan milik Pemprov," ungkapnya.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Unair akan Diuji Coba untuk Anak-anak 5-11 Tahun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya